Ma'ruf Amin Utamakan Pendekatan Budaya Redam Gejolak Papua

Kamis, 29 Agustus 2019 00:01 Reporter : Merdeka
Ma'ruf Amin Utamakan Pendekatan Budaya Redam Gejolak Papua Maruf Amin Harap KNPI Lahirkan Regenerasi Kepemimpinan di 2024. ©Liputan6.com/Ditto Radityo

Merdeka.com - Wakil presiden terpilih 2019-2024, Ma'ruf Amin, berharap jangan ada kelompok separatis yang ikut memperkeruh gejolak di Tanah Papua. Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak ada glorifikasi kedaerahan berlebih karena semua satu dalam persatuan NKRI.

"Jadi saya kira (soal Papua) jangan sampai ada separatisme dan juga (rasa) kedaerahan yang berlebihan, karena kita sebagai bangsa sudah punya kesepakatan menjaga keutuhan bangsa ini," kata Ma'ruf usai menyampaikan keynote speech dalam acara puncak Hari Ulang Tahun KNPI ke-46, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).

Ma'ruf Amin memastikan pemerintah saat ini sudah berjuang mengupayakan pendekatan yang lebih mengena terkait terhadap masyarakat Papua. Tidak hanya pendekatan pendekatan keamanan, tetapi juga pendekatan budaya.

"Cara pendekatan ini diharapkan menumbuhkan rasa keutuhan dan kesatuan sebagai bangsa," jelas Ma'ruf.

Ma'ruf Amin menilai saat ini Papua merupakan daerah yang cukup istimewa. Namun bila mana rakyat diberikan akses dan keistimewaan yang lebih dari sekarang, Rasi Aam PBNU ini melihat harus ada diskusi dan dialog lebih lanjut.

"Otsus (otonomi khusus) itu lebih didiskusikan lagi sehingga perlakuan khusus kan tidak sama dengan daerah lain, tapi apa yang jadi masalah perlu kita dialogkan lagi," tandas Ma'ruf Amin.

Reporter: Muhammad Radityo Priyasmono
Sumber: Liputan6.com [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini