Ma'ruf Amin Doakan Presiden Jokowi Berhasil Damaikan Rusia dan Ukraina

Kamis, 30 Juni 2022 17:38 Reporter : Merdeka
Ma'ruf Amin Doakan Presiden Jokowi Berhasil Damaikan Rusia dan Ukraina Jokowi tiba di Moskow. ©2022 Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin terus mendoakan misi perdamaian yang dibawa Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama kunjungan kenegaraan ke Ukraina dan Rusia. Diketahui, kedua negara tersebut tengah bertikai hingga mengerahkan kekuatan militer.

"Presiden kita sedang melawat untuk melakukan misi perdamaian, selain menghadiri G7 di Jerman kemudian ke Ukraina melalui Polandia untuk berunding dengan Presiden Ukraina, kemudian ke Rusia untuk mengupayakan perdamaian," tutur Ma'ruf di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (30/6/2022).

Menurut Ma'ruf, konflik Ukraina dan Rusia tentu menimbulkan keguncangan dan krisis di berbagai belahan dunia. Baik soal krisis energi, pangan, bahkan ekonomi.

"Mudah-mudahan Bapak Presiden berhasil mengemban tugasnya dan selamat sampai kembali ke Tanah Air," kata Ma'ruf.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana telah menyelesaikan lawatannya di Ukraina dan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Rabu 29 Juni 2022. Jokowi dan Iriana beserta rombongan terbatas lalu kembali menuju Polandia.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi kembali ke Polandia dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat.

Jokowi dan rombongan menuju Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia dan dijadwalkan tiba pada Kamis (30/6/2022).

Dari Stasiun Przemysl Glowny, Jokowi dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.

Sumber: Liputan6.com/Nanda Perdana [ded]

Baca juga:
Presiden Jokowi Tiba di Moscow
Presiden Ukraina Puji Jokowi: Kewenangan Anda di Dunia Internasional Sangat Tinggi
Usai Lawatan ke Presiden Ukraina Zelenskyy, Jokowi Bertolak ke Rusia Temui Putin
Moeldoko Ungkap Alasan Jokowi Upayakan Perdamaian Ukraina-Rusia saat Negara Lain Diam
Bertemu Jokowi di Kiev, Presiden Ukraina Merasa Didukung Rakyat Indonesia
Jokowi Ingatkan Pentingnya Keamanan Ekspor Pangan Ukraina
Ini Pesan Penting dari Zelenskyy yang akan Disampaikan Jokowi pada Putin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini