Mari meniru pola hidup Rasulullah SAW, dijamin sehat

Minggu, 4 Juni 2017 14:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Mari meniru pola hidup Rasulullah SAW, dijamin sehat kaligrafi muhammad. ©2017 wallpaperislami.com

Merdeka.com - Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT. Dia ialah tauladan bagi umat manusia. Banyak perbuatan baik dan sifatnya patut ditiru manusia. Salah satu di antaranya pola hidup sehat Rasulullah.

Terkadang banyak orang yang lalai terhadap pola hidup sehat. Dengan begitu, banyak penyakit hinggap dalam tubuh yang akhirnya mengganggu rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai umat muslim perlu mencontoh pola hidup sehat ala Rasulullah.

Menurut Prof Dr Musthofa Romadhan dalam buku Panduan Diet ala Rasulullah karya Indra Kusumah, ada beberapa hal pola hidup yang dilakukan Rasulullah yakni:

1. Pertama kali yang masuk dalam tubuh Rasul adalah udara segar. Seperti diketahui, beliau punya kebiasaan bangun untuk salat pada sepertiga malam terakhir, dan udara sepertiga malam itu (01.00-04.00) sangat kaya akan oksigen yang belum tercemar zat lain. Udara seperti ini sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh.

2. Nabi Muhammad SAW selalu membersihkan diri dan bersiwak. Beliau selalu bersih dan rapi. Dengan bersiwak, beliau telah menjaga kebersihan rongga mulut. Dan dengan mandi beliau telah menjaga kesehatan badannya.

3. Beliau selalu sarapan dengan segelas air dingin (bukan air es) yang dicampur dengan madu asli. Baru setelah salat dhuha, Rasulullah makan tujuh butir kurma yang matang.

4. Menjelang sore, Rasulullah makan roti atau makanan pokok lainnya yang dicampur dengan cuka dan minyak zaitun.

5. Saat malam tiba, menu makan Rasulullah sayur-sayuran. Setalah makan malam, beliau tidak langsung tidur tapi tetap melakukan beberapa aktivitas dahulu agar makanan masuk dalam lambung dengan cepat dan baik.

6. Semua menu tadi ialah menu makanan yang disukai Rasulullah. Rasul pun melakukan olahraga untuk menjaga kesehatannya. Beliau tidak menganjurkan umatnya begadang.

Itu lah pola hidup sehat Rasulullah. Sebagai umatnya, semoga kita dapat mengikuti pola hidup seperti itu. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Lentera Ramadan
  2. Jakarta
  3. Ramadan 2017
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini