Lockheed Martin Juga Pamerkan Jet Tempur F-16 Viper dengan Logo TNI AU

Senin, 29 April 2019 18:40 Reporter : Tim Merdeka
Lockheed Martin Juga Pamerkan Jet Tempur F-16 Viper dengan Logo TNI AU f-16 Viper. ©www.lockheedmartin.com

Merdeka.com - Tak cuma pabrikan SAAB yang memamerkan jet tempur Gripen dengan logo TNI AU. Lockheed Martin yang memproduksi F-16 juga ikut memamerkan pesawat tempur seri tercanggih dengan logo dan cat TNI AU. F-16 Viper Blok 70/72 itu diwarnai loreng khas biru dan abu-abu muda ala pesawat tempur TNI AU.

Dalam website Lockheed Martin disebutkan pesawat itu merupakan generasi paling baru dan paling mutakhir untuk TNI AU. Mereka juga menyebut seri F-16V Blok 72 itu adalah yang paling canggih di dunia saat ini.

Beberapa kelebihan yang dimiliki seri ini adalah radar Active Electronically Scanned Array (AESA). Software yang digunakan hampir sama dengan F-22 dan F-35. Radar ini memungkinkan pilot mendeteksi secara detil posisi lawannya dalam segala kondisi. F-16 Viper juga memiliki kemampuan manuver yang lebih baik serta sistem persenjataan yang lebih canggih dari seri-seri sebelumnya.

Lockheed Martin memang tengah gencar menawarkan F-16 Viper ke sejumlah negara. Pengalaman selama 36 tahun sebagai pesawat tempur terlaris di dunia jadi modal mereka.

Saat ini tercatat Bahrain menjadi pemesan pertama F-16 Viper. Disusul Slovakia yang memesan 14 unit F-16V menggantikan MiG-29 mereka. Taiwan pun tak ketinggalan mengupgrade F-16 mereka menjadi setara blok 72.

Bagi TNI AU, F-16 bukan barang baru. F-16 A/B sudah memperkuat Angkatan Udara Indonesia sejak tahun 1989. Sementara F-16 Blok 52ID yang merupakan varian upgrade tiba mulai tahun 2015 hingga 2018 lalu.

Namun aneka promosi dari Lockheed Martin rupanya belum membuat TNI AU bergeming. Pilihan tetap pada Sukhoi SU-35. Saat ini Indonesia sudah memesan varian SU-35 ke Rusia.

Baca di sini: Dirayu AS, TNI AU Tak Akan Berpaling dari Sukhoi Su-35 [ian]

Topik berita Terkait:
  1. TNI AU
  2. Alutsista TNI
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini