Limbah Merah di Sungai Cisadane Diduga Berasal dari Pengepul Plastik Bekas

Senin, 4 Oktober 2021 02:04 Reporter : Kirom
Limbah Merah di Sungai Cisadane Diduga Berasal dari Pengepul Plastik Bekas Sungai Cisadane tercemar air warna merah. ©2021 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tangerang Selatan, telah mendatangi lokasi diduga sumber pembuangan limbah cair ke aliran Sungai Cisadane.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Dinas LH Tangsel, Budi menjelaskan, pihaknya bersama Satpol PP Tangsel, telah turun langsung memeriksa lokasi diduga pembuangan limbah cair ke aliran Sungai Cisadane.

"Untuk penanganannya tadi pagi tim DLH dengan Pol PP sudah turun ke lokasi pengepul plastik bekas yang diduga membuang limbah berwarna merah," jelas Budi dikonfirmasi, Minggu (3/10).

Dia menerangkan, telah mengambil sampel air sungai yang diduga mencemari kondisi sungai Cisadane tersebut.

"Tim LH sudah ambil sample baik di air sungai maupun zat pewarna yang dibuang untuk dianalisa laboratorium," terang dia.

Dia juga menegaskan, kalau lokasi diduga pembuang limbah cair itu, adalah lokasi pengumpulan barang bekas, bukan pabrik sebagaimana yang diinformasikan masyarakat ke media sosial.

"Sekadar informasi bahwa kegiatan tersebut bukan pabrik atau industri. Tapi pengepul plastik bekas yang dicuci dengan air sungai sebelum dikirim ke pabrik pengolah biji plastik yang lokasinya diluar Tangsel," kata Budi

Sebelumnya diberitakan, sungai Cisadane dicemari air berwarna merah diduga limbah industri di Tangsel.

Saluran air diduga berasal dari industri pengolahan plastik yang mengalir ke aliran sungai Cisadane, diduga mencemari air sungai tersebut. Dari video yang diunggah warga ke media sosial, terlihat air berwarna merah keluar dari saluran industri ke hilir di Sungai Cisadane.

Baca juga:
Sungai Cisadane Dicemari Air Berwarna Merah, Diduga Limbah Industri di Tangsel
Pemkab Wonosobo Bangun Biodigester Cegah Pencemaran Limbah Ternak
Buang Limbah Alkohol di Bengawan Solo, Dua Orang Ditetapkan Tersangka
Polisi Tetapkan Dua Tersangka Pembuangan Limbah Pengolahan Alkohol di Bengawan Solo
Air Saluran Irigasi di Klaten Berwarna Merah, Polisi Periksa Sejumlah Saksi
Bengawan Solo Tercemar Limbah Industri Ciu, Pemkot Solo Minta Bantuan Gubernur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini