Kronologi Lengkap Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Rabu, 13 November 2019 11:46 Reporter : Syifa Hanifah
Kronologi Lengkap Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan bom medan. ©2019 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Ledakan bom bunuh diri terjadi di lingkungan Polrestabes Medan, pada Rabu (13/11), ledakan terjadi sekitar pukul 08.39 WIB. Pelaku ledakan diduga satu orang. Sementara, korban luka-luka sebanyak enam orang.

Ledakan terjadi saat banyak warga yang hendak mengurus pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan layanan lain di Mapolresta Medan. Polisi saat itu juga hendak melakukan apel pagi.

Berikut ini kronologi lengkap bom bunuh diri di Polrestabes Medan:

1 dari 4 halaman

Pelaku Mengaku Mau Buat SKCK

Kronologi kejadian terjadi pada hari Rabu, sekitar pukul 08.20 WIB pelaku masuk dari pintu depan penjagaan berjalan kaki dan ditanya oleh petugas jagaan yang bernama Bripda Kristian Simanjuntak.

Selanjutnya Bripda Kristian pelaku disuruh membuka jaket bertulisan gojek dan pelaku mengaku akan membuat SKCK dan selanjutnya pelaku berjalan menuju ke dalam halaman.

"Pelaku berjalan menuju kearah depan kantor Bag Ops sampai di depan mobil dinas Kabag Ops pelaku langsung meledakkan dirinya," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen M Iqbal kepada wartawan.

2 dari 4 halaman

6 Orang Terluka

Ledakan bom mengakibatkan enam orang luka-luka. Empat anggota kepolisian, satu anggota PHL dan satu orang warga yang tengah membuat SKCK. Saat ini korban luka-luka masih dirawat di RS. Bhayangkara Polda Sumut.

Korban luka-luka antara lain, Kompol Abdul Mutolip Kasi Propam Polrestabes Medan mengalami luka tangan kanan robek, Kompol Sarponi KasubBag Bin Ops Polrestabes Medan mengalami luka robek bokong sebelah kanan.

Aipda Deni Hamdani Brigadir Si Propam Polrestabes Medan mengalami luka-luka terkena serpihan, Bripka Juli chandra Brigadir Si Propam Polrestabes Medan mengalami telinga sebelah kanan tidak bisa mendengar.

Ricard Purba PHL Bag Ops mengalami luka memar di wajah dan lengan dan Ihsan Mulyadi siregar, laki-laki (27) mahasiswa, Jl. Bakti Suka Dono Dusun IV Kel. Tanjung Gusta Kec. Sunggal, mengalami luka di pinggul sebelah kiri terkena serpihan.

3 dari 4 halaman

Kendaraan Rusak

Akibat ledakan di Polrestabes Medan beberapa fasilitas rusak. Beberapa kendaraan polisi yang rusak antara lain Mobil Dinas KA Bag Ops mengalami rusak kaca pecah dan terkena serpihan. Kemudian mobil pribadi KA Bag Ops rusak dan 2 unit Truk Dinas mengalami kaca pecah dan terkena serpihan ledakan.

4 dari 4 halaman

Densus 88 Dikerahkan

Terjadi ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolresta Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11). Ledakan terjadi sekira pukul 08.45 WIB.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan, hingga saat ini polisi masih melakukan olah TKP.

"Ya betul, saat ini sedang dilaksanakan olah TKP oleh Densus dan Polda Sumut," kata Dedi kepada wartawan.

Dedi belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait peristiwa tersebut. "Menunggu hasil investigasi lebih lanjut," terangnya. [dan]

Baca juga:
Polisi Cek Kaitan Pelaku Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan & Kelompok Teroris
Kronologi Ledakan Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan
Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan Berjaket Ojol, Mengaku Membuat SKCK
Ketua DPR Minta Polisi Usut Penyerangan Bom di Mapolrestabes Medan
Enam Orang Terluka Pascaledakan di Polrestabes Medan, 4 Polisi, 1 PHL & 1 Pemohon SKC

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini