Khofifah Ingin Abdurrahman Saleh Malang Jadi Bandara Internasional

Selasa, 26 Maret 2019 18:17 Reporter : Moch. Andriansyah
Khofifah Ingin Abdurrahman Saleh Malang Jadi Bandara Internasional Khofifah Indar Parawansa. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berniat menjadikan Bandara Abdurrahman Saleh di Kabupaten Malang sebagai bandara Internasional. Sebab menurut Khofifah, saat ini ada sejumlah negara di Asia yang mulai menawarkan direct flight (penerbangan) langsung ke Malang sebagai jujukan wisata, khususnya Kota Batu.

"Dari Singapura, Malaysia dan dari China itu yang saat ini sudah menawarkan (direct flight). Destinasi wisata terbanyak di Jatim itu kan di Batu, baru Banyuwangi. Dunia manapun kalau mau dapat devisa cepat maka wisatanya harus berkembang pesat," ungkapnya, Selasa (26/3).

Jika rencana ini terealisasi, katanya lagi, destinasi wisata di Malang Raya dan sekitarnya akan lebih terpromosikan serta bisa terdefinisi menjadi satu kesatuan kawasan wisata di Jawa Timur. Terutama untuk pasar wisata yang dinilai cukup prestigious (bergengsi) di Kota Batu.

"Maka pasti akan mempercepat kemungkinan wisatawan-wisatawan asing untuk bisa lebih banyak lagi masuk ke wilayah Malang Raya," ungkap mantan Menteri Sosial ini.

Apalagi, masih kata gubernur yang juga Ketum PP Muslimat NU ini, industri kreatif di Malang saat ini makin menggeliat. Pun begitu dengan koperasinya, juga tumbuh sangat bagus.

Maka, masih kata Khofifah, beberapa syarat harus disiapkan secepatnya agar Bandara Abdurrahman Saleh bisa berstatus internasional. Seperti fasilitas Kantor Imigrasi yang belum ada. Kemudian Balai Karantina Hewan, Bea dan Cukai, dan sejumlah layanan lain.

"Mungkin yang perlu mendapat prioritas adalah infrastruktur yang ada di gedung sebelah di (terminal) kedatangan. Ini butuh komunikasi dan persetujuan dari sejumlah stakeholder," katanya.

Sementara untuk mempercepat kenaikan status Bandara Abdurrahman Saleh, Khofifah meminta Dinas Perhubungan Jawa Timur untuk kembali melakukan identifikasi kelengkapan layanan yang ada. "Untuk international airport syaratnya apa saja, yang sudah terpenuhi apa saja,sehingga kita mengetahui yang kita perlu lakukan apa saja," tandasnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini