Khofifah Evaluasi PPKM Darurat: Testing Naik, Kasus Naik, Keterisian RS Flat

Kamis, 22 Juli 2021 07:28 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Khofifah Evaluasi PPKM Darurat: Testing Naik, Kasus Naik, Keterisian RS Flat Khofifah Tengok Korban Gempa di Kampung Majangtengah. ©2021 Merdeka.com/Nanda Farikh Ibrahim

Merdeka.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaporkan, selama masa PPKM Darurat lalu, case fatality rate (CFR) turun dari 7,24 persen menjadi 6,61 persen. Sedangkan kasus aktif naik secara signifikan dari 5,68 persen menjadi 19,49 persen.

"Kami ingin melaporkan dari mulai Senin lalu, ketika terjadi peningkatan eksponensial karena kenaikan testing hingga 5 sampai 6 kali lipat per harinya, angka yang terkonfirmasi mengalami peningkatan. Tapi tingkat keterisian RS, baik ICU maupun isolasi biasa relatif flat," kata Khofifah saat menghadiri rapat koordinasi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dikutip dalam keterangan pers, Kamis (22/7).

Dia mengatakan, di rumah sakit rujukan Covid-19 kondisi keterisian ICU tetap berada di kisaran 84 persen dan isolasi biasa 82 persen. Hal tersebut disebabkan oleh dua kemungkinan, yaitu efek dari pembatasan, banyak warga ber-KTP Jatim yang sudah berdomisili di daerah lain, atau yang bergejala ringan ke sedang lebih memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Sementara itu, Wakil Presiden menekankan 3 fokus pembahasan, yaitu pertama evaluasi penerapan PPKM Darurat, kedua pemantauan pelaksanaan testing, tracing, dan treatment (3 T), serta ketiga pelaksanaan vaksinasi.

"Pada hari ini saya ingin lebih banyak mendengar dari saudara-saudara tentang perkembangan terakhir terkait penanganan Covid-19, termasuk penerapan PPKM Darurat di Provinsi Jawa Timur yang juga sekarang sudah dilakukan penyesuaian-penyesuaian dengan menggunakan levelering, ada level 4, level 3, dan disesuaikan," ungkapnya.

"Saya ingin mendorong dan memfasilitasi agar koordinasi antarpemerintah pusat dan daerah dapat terlaksana dengan baik lagi,” tambahnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini