Ketua Satgas Sebut Ketersediaan Ruang ICU di Jakarta 64 Persen

Kamis, 22 Oktober 2020 16:06 Reporter : Supriatin
Ketua Satgas Sebut Ketersediaan Ruang ICU di Jakarta 64 Persen RS Pertamina Jaya. ©2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengatakan ketersediaan ruang ICU di rumah sakit rujukan Covid-19 di DKI Jakarta kini 64 persen. Padahal pada awal September lalu, kata dia, keterisian ruangan ICU mencapai 83 persen.

"Alhamdulillah ketersediaan ICU saat ini sudah berada pada posisi di angka 62-64 persen," ujarnya dalam talk show Keseimbangan Baru Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Kamis(22/10).

Doni menyebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat mengeluhkan ketersediaan ruang ICU rumah sakit bulan lalu. Saat itu, kasus Covid-19 di ibu kota meningkat tajam. Peningkatan kasus Covid-19 dipicu libur panjang pada Agustus 2020.

"Kasus mengalami peningkatan pada akhir Agustus dan juga awal September, sampai akhirnya Bapak Gubernur DKI Pak Anies mengumumkan kekhawatiran pemerintah DKI atas kenaikan kasus, termasuk jumlah ICU di rumah sakit Jakarta yang diperkirakan akan penuh pada 17 September yang akan datang," jelasnya.

Guna menekan lonjakan kasus Covid-19 yang lebih besar, kata Doni, Pemprov DKI Jakarta memutuskan melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) lebih ketat. Seperti yang diterapkan Pemprov DKI pada awal pandemi Covid-19.

Sementara Presiden Joko Widodo kala itu langsung memerintahkan jajaran menteri menekan kasus Covid-19 di DKI Jakarta dan sejumlah provinsi prioritas lain. Jokowi juga memerintahkan agar ketersediaan ruang dan tempat tidur di ICU rumah sakit ditambah.

"Bapak Presiden langsung menugaskan para menko dan satgas untuk bekerja keras agar peningkatan kasus bisa kita kendalikan dan ruang ICU itu bisa kita tambah," kata dia. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini