Kesengsem Yogya, Tom si bule Amerika jadi abdi dalem keraton

Sabtu, 18 Juli 2015 14:04 Reporter : Kresna
Kesengsem Yogya, Tom si bule Amerika jadi abdi dalem keraton Bule Amerika abdi dalem Keraton Yogya. ©2015 Merdeka.com/Kresna

Merdeka.com - Seorang abdi dalem Keraton Yogyakarta mencuri perhatian warga yang mengikuti grebeg Gunungan di Masjid Gede Keraton, Sabtu (18/7). Sebab abdi dalem ini bukan orang jawa melainkan bule asal Amerika.

Saat sang Bule yang diketahui bernama Tom tersebut mengikuti iring-iringan Gunungan, sejumlah warga mengarahkan kamera handphone-nya ke arah Tom. Mereka pun bertanya-tanya kenapa ada bule yang mau menjadi abdi dalem.

Saat ditemui merdeka.com usai grebeg Gunungan, Tom pun menceritakan alasan kenapa dia mau menjadi seorang abdi dalem. Menurut dia kebudayaan Yogyakarta sangat menarik untuk pelajari.

"Saya tertarik dengan kebudayaan ini. Ini sangat menarik untuk dipelajari dan diketahui dan juga penting," kata Tom dengan bahasa Indonesia yang tersendat-sendat.

Dia pun mengaku merasa ingin menjadi bagian dari kebudayaan tersebut. Karena itu dia pun memutuskan untuk menjadi abdi dalem. Kebetulan dia memiliki kenalan yang sebelumnya sudah menjadi abdi dalem.

"I feel on it, saya merasa menjadi bagian dari ini semua," ujarnya.

Dia berpesan ke warga Yogyakarta dan Indonesia untuk mencintai kebudayaan yang baginya sangat menarik. "Ini penting agar warga Kota Yogyakarta dan Indonesia bisa melihat ini dan berpartisipasi. Ini adalah kebudayaan yang penting," ujarnya. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Budaya Indonesia
  3. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini