Kena proyek Tol Depok-Antasari, 525 makam di Limo direlokasi

Kamis, 20 September 2018 04:31 Reporter : Nur Fauziah
Kena proyek Tol Depok-Antasari, 525 makam di Limo direlokasi Pembongkaran makam di Depok. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ratusan makam di TPU Kumpi Saribah, Kelurahan Grogol, Limo Depok terkena gusur proyek Tol Depok-Antasari (Desari). Ratusan makam itu pun terpaksa dipindahkan ke lokasi lain yang yang tidak jauh dari lokasi awal.

"Data yang kami terima ada 525 makam yang berada di lokasi yang terkena proyek tol," kata salah satu panitia pemindahan TPU, Nian Darmawan, Rabu (19/9).

Jumlah itu bertambah sekitar 30 makam lagi setelah dilakukan verifikasi. Pasalnya ada makam yang diketahui tidak bernisan namun berada dalam satu liang lahat.

"Kami dapat tambahan data hari ini ada sekitar 30 yang tidak ada nisannya. Tapi tetap akan dimakamkan," tukasnya.

Luas TPU Kumpi Saribah 2 hektare. Jumlah makam di lokasi tersebut ribuan. Namun sebagian lahan terpaksa direlokasi karena terkena proyek tol.

"Yang kena proyek sekitar 1.617 meter dari total 2 hektare. Ada sekitar 525 makam di lokasi yang dipindahkan," tukasnya.

Pemindahan makam itu sudah dilakukan sejak empat hari lalu. Pada hari pertama yaitu Minggu (16/9) sudah ada ratusan makam yang direlokasi.

"Sampai saat ini sudah 165 makam yang dipindahkan. Lokasinya tidak jauh dari lokasi awal," ungkapnya.

Ditargetkan pemindahan ratusan makam itu selesai satu bulan. Sehingga saat ini pihaknya masih terus bekerja menggali kubur dan memindahkan ke lokasi baru.

"Setelah digali kemudian dikafankan dan dimakamkan lagi di tempat baru. Ya prosesnya layaknya menguburkan jasad saja," pungkasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini