Kasus korupsi Pelindo II jalan di tempat, ini jawaban KPK

Selasa, 10 Mei 2016 10:44 Reporter : Yunita Amalia
Kasus korupsi Pelindo II jalan di tempat, ini jawaban KPK Demo tuntut KPK tangkap RJ Lino. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini belum memastikan kapan melakukan pemanggilan kembali terhadap mantan Direktur Utama PT Pelindo II, Richard Joost Lino. Lino merupakan tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi pengadaan Quay Container Crane tahun 2010.

Pelaksana harian Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati menampik jika penyidikan kasus ini jalan di tempat. Dia mengatakan pada kasus ini penyidik masih berfokus pada pemeriksaan saksi-saksi.

"Masih pemeriksaan saksi-saksi dulu," ujar Yuyuk kepada merdeka.com, Selasa (10/5).

Saat ditanya kapan RJ Lino akan diperiksa, dia pun mengaku belum mengetahui kemungkinan Lino akan dipanggil untuk kedua kalinya.

Terkait Mabes Polri yang turut menangani korupsi di Pelindo, Yuyuk mengatakan akan adanya koordinasi dan supervisi dengan Mabes Polri. Mengingat baik Mabes Polri dan KPK sama-sama menangani kasus pengadaan barang di PT Pelindo II, hanya saja untuk Mabes Polri membidik pengadaan Mobile Crane sedangkan KPK menangani pengadaan Quay Container Crane.

"Akan dilakukan koordinasi supervisi antara KPK dan Polri," tukasnya.

Untuk kasus ini Mabes Polri telah menetapkan Haryadi Kuncoro sebagai senior manager PT Pelindo Tahun 2010, sedangkan KPK menetapkan Direktur Utama PT Pelindo II, Richard Joost Lino atau lebih dikenal dengan RJ Lino.

Lino sebelumnya pada Jumat (5/2) menjalani pemeriksaan pertamanya di KPK setelah meminta izin tidak hadir dengan alasan sakit. Saat itu Lino selesai diperiksa dengan 15 pertanyaan dari penyidik KPK. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini