Karhutla di Musi Banyuasin Capai 150 Hektare, Asap Mengarah ke Jambi

Kamis, 15 Agustus 2019 22:02 Reporter : Irwanto
Karhutla di Musi Banyuasin Capai 150 Hektare, Asap Mengarah ke Jambi Ilustrasi

Merdeka.com - Kebakaran lahan di Desa Muara Medan, Kecamatan Bayung Lincir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, belum juga padam. Sementara asap kini mengarah ke Provinsi Jambi karena lokasinya berdekatan.

Kabid Penanganan Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, hingga kini tim pemadam darat masih melakukan pemadaman. Lima unit helikopter diterjunkan untuk memadamkan melalui udara.

"Kebakaran terus meluas, data yang masuk terakhir lahan terbakar sudah mencapai 150 hektare," ungkap Ansori, Kamis (15/8).

Dikatakan, satgas kesulitan memadamkan api yang telah berlangsung sejak kemarin pagi itu. Lokasi yang jauh dan minimnya ketersediaan air menjadi faktor utamanya.

"Terus diupayakan dipadamkan, kita terima bantuan helikopter dari salah satu korporasi untuk pemadaman," kata dia.

Menurut dia, asap akibat kebakaran lahan di Musi Banyuasin berdampak pada suhu udara di Jambi. Sebab, areal terbakar lebih dekat dengan provinsi tetangga Sumsel itu.

"Asap bergerak mengarah ke Jambi karena berdekatan dengan lokasi kebakaran," tutupnya. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini