Kakorlantas Polri Beberkan Tantangan Polantas saat Bertugas dan Cara Mengatasinya

Kamis, 22 September 2022 15:11 Reporter : Bachtiarudin Alam
Kakorlantas Polri Beberkan Tantangan Polantas saat Bertugas dan Cara Mengatasinya Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengakui pihaknya masih mengalami sejumlah tantangan berkaitan sejumlah masalah saat bertugas di jalan raya. Mulai dari kecelakaan, kemacetan hingga balap liar.

"Permasalahan dalam bidang operasional antara lain adalah masih terjadinya peristiwa laka menonjol, kendaraan angkutan barang yang over dimensi dan overload (odol), kemacetan lalu lintas, balap liar," kata Firman saat sambutan di acara Hut Lalu Lintas Bhayangkara ke-67, di Jakarta, Kamis (22/9).

Jenderal bintang dua itu tidak menampik bila masalah operasional juga kerap ditemukan terkait pelanggaran anggota yang terjadi di lapangan.

"Hingga pelanggaran-pelanggaran anggota di lapangan," tuturnya.

Selain masalah itu, aspek regulasi juga masih ditemukan sejumlah catatan perbaikan. Misalkan, pembenahan angkutan masal berbasis jalan dan keberadaan taksi daring.

Kemudian, pengaturan fungsi sepeda motor sebagai kendaraan bermotor umum, evaluasi keberlakuan dana preservasi jalan, dan program konversi sepeda motor bbm ke listrik.

"Strategi yang telah dilaksanakan Korlantas polri dalam menyikapi hal tersebut di antaranya yaitu strategi akademik dengan road safety research and development, pembangunan jurnal hasil riset, penerbitan buku-buku road safety," ucapnya.

"Keikutsertaan pada seminar, simposium, atau workshop road safety tingkat nasional dan internasional, dan revisi vademikum serta produk akademik lainnya," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Sementara strategi hukum, kata Firman, pihaknya telah menyiapkan sejumlah rancangan peraturan di berbagai level. Mulai dari, strategi administrasi dengan membuat grand strategi melalui it for road safety.

Kemudian, strategi operasional rutin, khusus, dan kontijensi dengan membuat permodelan dan pembuatan program unggulan. Strategi soft power dalam n-helix atau dengan berbagai mitra lainnya guna mencapai tujuan road safety, hingga strategi politik guna mendapatkan dukungan political will dalam mencapai tujuan road safety.

"Bapak kapolri dan para peserta kegiatan syukuran yang saya hormati, Pada kesempatan ini ada beberapa hal yang kami laporkan," imbuh ya. [ray]

Baca juga:
Hari Ini, ETLE Resmi Terpasang di Seluruh Indonesia
Polri Jawab Soal 'Kakak Asuh' Beking Kasus Ferdy Sambo: Timsus Belum Terima Informasi
Kapolri ke Perwira Polri: Reformasi Organisasi Harus Menjalar dari Kepala hingga Ekor
Mahfud MD: Moralitas Anggota Polri Perlu Diubah, Terutama Hedonisme dan Kesewenangan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini