Jokowi Sindir Pejabat yang Hobi Pelesiran ke Luar Negeri, Ini Kata Sandiaga

Sabtu, 1 Oktober 2022 21:00 Reporter : Purnomo Edi
Jokowi Sindir Pejabat yang Hobi Pelesiran ke Luar Negeri, Ini Kata Sandiaga Menparekraf Sandiaga Uno. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Jokowi menyindir para pejabat negara maupun kepala daerah yang suka pamer berwisata ke luar negeri. Sindiran Jokowi ini disampaikan saat bertemu dengan kepala daerah se-Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis (29/9) lalu.

Menanggapi sindiran Jokowi ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun angkat bicara. Sandiaga mengapresiasi sindiran Jokowi ini dengan harapan agar para kepala daerah lebih bangga berwisata di dalam negeri.

"Beliau (Jokowi) menyampaikannya dengan sedikit gemes gitu ya. Bahwa kok ada di saat-saat sekarang ini kita menghadapi inflasi, harga-harga meningkat, terus juga potensi resesi, susah mencari lapangan pekerjaan, kok kita nggak mendukung wisata di Indonesia saja," kata Sandiaga di Sleman, Sabtu (1/10).

2 dari 2 halaman

Target 1,4 Miliar Wisatawan

Sandiaga berharap para pejabat memprioritaskan untuk berwisata di dalam negeri supaya mendukung perekonomian masyarakat. "Dia foto-foto di Menara Eiffel Prancis gitu padahal di Madiun juga ada. Foto-foto di Nepal. Padahal ada Nepal Van Java di Magelang. Foto-foto glamping di mana, padahal ada Arkamaya. Kenapa nggak dukung produk-produk pariwisata di Indonesia aja," tegas Sandiaga.

"Mari kita sambut teguran dari Bapak Presiden ini dengan bekerja lebih keras lagi. Saya yakin yang disentil itu semua terasa," imbuh Sandiaga.

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan Kemenparekraf saat ini terus mendorong upaya sinergi meningkatkan kualitas destinasi dalam negeri dari segi daya tarik, event, maupun produk-produk kreatifnya. Terlebih di tahun 2023 mendatang, Presiden Jokowi menargetkan adanya peningkatan kunjungan wisata.

"Pak Presiden menyatakan berwisata di Indonesia saja dan tahun ini kita sudah menembus target 550 juta menjadi 600 juta, dan tahun depan konon kabarnya Pak Presiden ingin memberikan target 1,4 miliar pergerakan dari wisatawan nusantara," pungkas Sandiaga. [yan]

Baca juga:
Kemenparekraf Minta Pejabat Tak Wisata ke Luar Negeri, Ini Alasannya
Kemenparekraf Siapkan SDM Andal untuk Bangun Pariwisata Berkelanjutan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini