Jokowi Siap Jembatani Komunikasi antara Putin dengan Zelenskyy

Jumat, 1 Juli 2022 00:08 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Siap Jembatani Komunikasi antara Putin dengan Zelenskyy Jokowi menyampaikan keterangan pers bersama Putin. ©2022 Merdeka.com/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istaan Kremlin, Rabu (30/6). Di depan Putin, Jokowi menyatakan Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia.

"Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers bersama dengan Putin, Rabu (30/6).

Jokowi memahami situasi saat ini masih sangat sulit. Namun, ia menegaskan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dengan ruang-ruang dialog yang dibuka.

"Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Bawa Pesan Zelenskyy

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan ia temui. Jokowi bertemu dengan Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina pada Rabu (29/6) kemarin .

"Dalam kaitan ini saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya temui segera," kata Jokowi dilihat di youtube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6).

Jokowi menyatakan, posisi dan prinsip Indonesia tegas mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas suatu wilayah.

"Walau masih sangat sulit dicapai saya tetap sampaikan pentingnya penyelesaian damai dan spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur," ucapnya.

Baca juga:
Presiden Jokowi Bertemu Putin di Kremlin
Ma'ruf Amin Doakan Presiden Jokowi Berhasil Damaikan Rusia dan Ukraina
Presiden Ukraina Puji Jokowi: Kewenangan Anda di Dunia Internasional Sangat Tinggi
AS akan Tambah Pasukan Darat, Laut, dan Udara di Eropa, Ini Jumlahnya
Moeldoko Ungkap Alasan Jokowi Upayakan Perdamaian Ukraina-Rusia saat Negara Lain Diam
Rusia Rilis Koordinat Pentagon, Gedung Putih, dan Markas NATO

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini