Jokowi puji kiprah perempuan Indonesia di dunia internasional

Jumat, 14 September 2018 18:20 Reporter : Purnomo Edi
Jokowi puji kiprah perempuan Indonesia di dunia internasional Jokowi hadiri peluncuran Go Viet. ©Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Presiden Jokowi membuka acara Temu Nasional Kongres Wanita Indonesia ke-90 serta Sidang Umum International Council of Woman (ICW) ke-35 di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Jumat (14/9). Acara kongres nasional tersebut diikuti oleh 1.000 organisasi wanita di Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, jika peran dan kiprah perempuan Indonesia tak kalah dengan perempuan dari negara lain. Hal ini dapat dilihat dari prestasi para srikandi Indonesia diberbagai kancah internasional seperti Asian Games ke 18 yang baru saja rampung.

Jokowi menyebut jika atlet-atlet perempuan Indonesia yang berlaga di Asian Games berhasil meraih 12 medali emas. Selain itu, para srikandi-srikandi juga berhasil membawa Indonesia meraih prestasi tinggi di Asian Games.

"Perlu saya ingatkan, 12 medali emas dari (total) 31 emas yang disumbangkan adalah dari atlet wanita kita. Waktu pembukaan (Asian Games) kita juga yang menyalakan api atlet wanita, Susi Susanti," katanya.

Dia menyebut jika di Asian Games ke 18, prestasi Indonesia melonjak. Dari yang Asian Games sebelumnya berada di peringkat 17 berhasil naik jadi peringkat 4. Kemudian medali emas pun juga mengalami peningkatan dari sebelumnya 4 medali emas naik jadi 31 medali emas.

"Kita punya srikandi-srikandi yang terus berjuang untuk negara kita Indonesia. Juga di Asian Para Games, yang akan kita selenggarakan pada Oktober nanti," papar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, jika dirinya belum lama ini, telah memberangkatkan tim dari Tentara Nasional Indonesia ( TNI) yang masuk dalam pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Di dalam tim tersebut ada 24 orang perempuan yang turut bergabung.

"Mereka dikirim ke Lebanon untuk bertugas. Kiprah perempuan Indonesia tak kalah dengan negara lain," tutup Jokowi. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini