Jokowi Minta Keputusan Komposisi Kabinetnya tak Diributkan: Itu Hak Prerogatif Saya

Rabu, 14 Agustus 2019 18:55 Reporter : Merdeka
Jokowi Minta Keputusan Komposisi Kabinetnya tak Diributkan: Itu Hak Prerogatif Saya Jokowi di Kantor PLN. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan komposisi kabinet untuk periode pemerintahannya akan didominasi kalangan profesional. Jokowi menegaskan bahwa hal itu adalah hak prerogatif dirinya sebagai Presiden.

"Kamu tahu ndak kabinet itu apa? Kabinet itu hak prerogatif presiden," kata Jokowi di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019).

Jokowi meminta keputusannya soal komposisi kabinet tak diributkan. Terkait parpol pengusungnya yang meminta banyak kursi menteri, mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali menyinggung kewenangannya.

"Ya saya sampaikan tadi, menteri itu adalah hak prerogatif presiden," jelasnya.

Dia juga menyatakan keseriusannya merekrut anak muda Indonesia berbakat untuk menjadi menteri di kabinet 2019-2024. Adapun kisaran umurnya yaitu 30 hingga 35 tahun.

"Ya ada yang umur-umur gitu, yang muda dan setengah muda dan ada yang setengah tua," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi memastikan komposisi menteri sudah terpenuhi. Kalangan profesional diberikan ruang lebih ketimbang partai politik di kabinet 2019-2024.

"Kabinet sudah final. Komposisi 45 persen parpol, 55 profesional," ujar Jokowi saat bertemu pemimpin redaksi media massa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8). [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini