Jokowi Bayar Zakat Mal Rp 55 Juta Lewat Baznas di Istana

Kamis, 16 Mei 2019 14:44 Reporter : Merdeka
Jokowi Bayar Zakat Mal Rp 55 Juta Lewat Baznas di Istana Jokowi hadiri buka puasa bersama DPD. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi, para menteri Kabinet Kerja serta pejabat Eselon I bersama-sama membayarkan zakat penghasilan atau melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Pembayaran dilakukan di Istana Negara Jakarta, hari ini Kamis (16/5).

Berdasarkan informasi, Jokowi membayar zakat mal sebesar Rp 55 juta dengan menggunakan uang tunai. Jumlah zakat yang dibayarkan Jokowi tahun ini meningkat Rp 5 juta dibandingkan Ramadan 2018.

Penyerahan zakat ini diketahui dilaksanakan secara serentak oleh kepala daerah se-Indonesia, pimpinan SKPD, direksi BUMN dan BUMD melalui Baznas di daerah masing-masing.

Jokowi mengatakan pembayaran zakat dengan para menteri dan pejabat lainnya merupakan agenda rutin yang dilakukan sejak 2016. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut dengan berzakat, umat Islam dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan.

"Zakat sangat penting sekali untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi, menuntaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah," kata Jokowi sebelum berzakat.

Dia berharap pengumpulan zakat ini akan terintegrasi dengan digital sehingga penyalurannya lebih efisien. Terakhir, Jokowi mengajak seluruh Muzakki untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

"Sekali lagi saya mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, dan juga ada keteraturan, tepat penyalurannya kepada mustahiq," ucap Jokowi.

Menteri Kabinet Kerja serta pimpinan lembaga yang ikut menyalurkan zakat mal melalui Baznas di Istana antara lain, Sekretaris Kabinet Pramono Anung Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Kemudian, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Anggota Wantimpres Agum Gumelar, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

Perlu diketahui, pada 2016 lalu Jokowi membayar zakat melalui Baznas sebesar Rp 40 juta. Kemudian pada 2017, mantan Wali Kota Solo itu mengeluarkan zakat sebesar Rp 45 juta. Sementara tahun 2018, Jokowi menyalurkan zakat Rp 50 juta.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Jokowi
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini