Jokowi: Banyak Pelajaran dari Pandemi, Lihat Sistem Kesehatan yang Harus Diperbaiki

Selasa, 9 Agustus 2022 15:37 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi: Banyak Pelajaran dari Pandemi, Lihat Sistem Kesehatan yang Harus Diperbaiki Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com/Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, banyak pelajaran yang diambil dalam masa pandemi Covid-19 yang sudah berjalan dua tahun setengah ini. Terutama adalah sistem kesehatan nasional yang mesti diperbaiki dan dipercepat.

"Kita banyak sekali belajar dari pandemi dua setengah tahun ini. Melihat bagaimana sistem kesehatan nasional kita, mana yang harus kita perbaiki, mana yang lamban yang harus dipercepat," kata Jokowi saat meresmikan Tower A dan B RSUD Dokter Soedarso di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (9/8).

Kepala negara juga berpesan agar diperhatikan sarana kesehatan apa yang mesti dibeli. Menurutnya, semua kekurangan pada sistem kesehatan terlihat ketika masyarakat sakit saat pandemi.

2 dari 2 halaman

"Sarana apa yang harus dibeli, semuanya menjadi kelihatan pada saat kita menderita menjadi kelihatan semuanya, pada saat kita krisis kesehatan karena pandemi kelihatan semuanya," ucapnya.

Lebih jauh, sistem kesehatan yang berjalan tidak benar terlihat saat pandemi melanda RI. Maka, Jokowi mengingatkan agar sistem kesehatan benar-benar diperbaiki.

"Mana yang enggak benar kelihatan, mana yang lamban kelihatan, mana yang kurang kelihatan, inilah yang kita perbaiki," imbuh eks Wali Kota Solo itu. [ray]

Baca juga:
Korea Utara akan Gelar Sidang Parlemen, Bahas Covid Sampai Luar Angkasa
Update Covid Indonesia 8 Agustus, Kasus Positif Bertambah 4.425
Pandemi Hingga Ancaman Resesi Jadi Pacuan IKM Perkuat Bisnis
Sri Mulyani Hapus Anggaran Penanganan Pandemi Covid-19 di 2023
Tenaga Kesehatan Penerima Vaksin Booster Kedua di Tangsel Baru 71 Orang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini