JK Yakin Grup Bakrie Mampu Lunasi Dana Talangan Korban Lumpur Lapindo

Selasa, 11 Juni 2019 18:50 Reporter : Supriatin
JK Yakin Grup Bakrie Mampu Lunasi Dana Talangan Korban Lumpur Lapindo Wapres Jusuf Kalla. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) percaya Grup Bakrie bisa melunasi dana talangan dari pemerintah untuk masyarakat korban lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. Tenggat waktu pembayaran dana talangan tersebut yakni Juli 2019.

"Saya yakin Grup Bakrie bisa bayar," kata JK di kantornya, Selasa (11/6).

Bila Grup bisnis milik Aburizal Bakrie itu belum bisa melunasi dana talangan pada tenggat waktu yang sudah ditentukan maka tidak tertutup kemungkinan akan dibicarakan kembali. Namun, JK masih yakin Grup Bakrie mampu melunasi dana tersebut.

"Ya bisa saja di-reschedule. Tetapi kita harap bisa diselesaikan," ucapnya.

Pada 2015 lalu, pemerintah menggelontorkan dana talangan senilai Rp 827 miliar kepada Grup Bakrie untuk ganti rugi bencana alam Lumpur Lapindo melalui perjanjian Pemberian Pinjaman Dana Antisipasi untuk Melunasi Pembelian Tanah dan Bangunan Warga Korban Luapan Lumpur Sidoarjo dalam Peta Area Terdampak 22 Maret 2007. Dana talangan ini diambil dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2015.

Dalam perjanjian itu, pemerintah mengajukan syarat pengembalian maksimal empat tahun sejak perjanjian ditandatangani pada Juli 2015. Artinya, Bakrie Group harus memenuhi kewajibannya pada Juli 2019.

[eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini