JK Cerita tentang Rizal Ramli di Kabinet Dua Rezim

Minggu, 8 November 2020 09:11 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
JK Cerita tentang Rizal Ramli di Kabinet Dua Rezim Jokowi dan Jusuf Kalla Bertemu di Istana. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkap alasan kabinet Jokowi periode pertama mencopot Rizal Ramli. Saat itu, Rizal menjabat sebagai Menko Kemaritiman hanya 10 bulan di era Jokowi-JK.

JK bercerita, Rizal awalnya sama sekali tidak dipertimbangkan masuk kabinet. Namun karena Luhut Panjaitan merasa kasihan, akhirnya masuk kabinet.

"Hanya kasihan Luhut, boleh tanya Pak Luhut, datang terus, ya akhirnya jadi menkolah. Itu pun hanya 10 bulan, karena kalau rapat Menko jarang mau hadir menteri itu di bawah dia, tidak ada yang hadir," jelas JK saat wawancara dengan wartawan senior Karni Ilyas di Akun Youtube Karni Ilyas Club, dikutip merdeka.com, Minggu (8/11).

JK menilai, Rizal Ramli orang yang tak mampu memimpin. Selain itu, JK menganggap, gayanya yang sering marah-marah membuat orang merasa tak nyaman bekerja bersama Rizal Ramli.

"Jadi Rizal ini mungkin pintar, tapi tidak bisa pimpin orang. Zaman Gus Dur hanya 10 bulan jadi menteri, hanya dua bulan menteri keuangan, menkonya pernah. Zaman Jokowi periode pertama hanya 10 bulan. Ndak bisa, ndak bisa pimpin orang. Ngomong banyak, tapi tidak bisa pimpin orang, jadi semua orang lawan," terang JK.

Sebelumnya, Rizal Ramli menuding JK berada di balik penjegalannya selama ini di kabinet. Baik era SBY maupun Jokowi, menurut Rizal, JK adalah orang yang menghalanginya masuk kabinet.
Rizal Ramli sempat cerita saat era SBY periode pertama hampir menjadi Menteri Keuangan dan Menteri BUMN. Namun, hal itu kandas karena dijegal oleh JK.

"JK enggak mau Rizal Ramli pegang ekonomi. Rizal Ramli menko diganjal sama JK, abis itu SBY pertahankan jadi menteri keuangan, dia (JK) enggak setuju lagi. Akhirnya SBY pertahankan lagi minta Rizal Ramli jadi menteri BUMN, dia (JK) enggak setuju lagi, last minutes saya ditunjuk Menperin kabinet SBY pertama, saya nolak, itu bukan keunggulan kita," terang Rizal Ramli saat wawancara dengan Karni Ilyas di episode sebelumnya.

Begitu juga era Jokowi, Rizal meyakini, ada peran JK yang membuat dirinya hanya bertahan menjadi Menko Kemaritiman 10 bulan di kabinet.

"Saya senang sama kerja dengan Pak Jokowi, ini Pak JK nih yang lobi supaya saya enggak jadi, JK gelagapan, enggak kok Rizal begini begitu, saya enggak ada hubungan," kata Rizal menirukan reaksi JK.

JK pun akhirnya mengklarifikasi tuduhan Rizal Ramli tersebut. Bahkan, dia menceritakan awal mula pembentukan kabinet bersama SBY pada 2004 lalu.

Baca Selanjutnya: Rizal Ramli Ditolak Dirjen...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini