Jika Diminta, KPK Siap Beri Masukan Soal Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Senin, 14 Oktober 2019 13:50 Reporter : Merdeka
Jika Diminta, KPK Siap Beri Masukan Soal Kabinet Jokowi-Ma'ruf Wakil Ketua KPK Laode M Syarief. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf, segera dilantik dalam hitungan hari. Namun hingga kini, keduanya belum membocorkan susunan kabinet yang akan datang.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tidak dilibatkan dalam penyusunan kabinet periode 2019-2024.

"Kita tidak diikutkan, tetapi kita berharap bahwa yang ditunjuk oleh Presiden adalah orang-orang yang mempunyai trackrecord yang bagus, dari segi integritas tidak tercela, dan kita berharap bahwa memilih yang betul-betul bersih," kata Komisioner KPK, Laode M. Syarif di Gedung ACLC, Kuningan, Jakarta, Senin (14/10).

KPK, katanya, menyadari penyusunan menteri adalah hak prerogatif Presiden. Jika pun diminta, sambung Laode, KPK hanya bersifat memberikan masukan.

"Kalau kita dimintai, kita akan memberikan masukan. Kalau tidak, tidak apa-apa seperti itu. Kita berharap bahwa beliau cukup paham untuk mengetahui mana calon menteri yang mempunyai rekam jejak yang baik atau tidak," ujarnya.

Sebelumnya, K.H. Ma'ruf Amin yang terpilih sebagai wakil presiden periode 2019—2024 pada Pemilu 2019 mengatakan bahwa penyusunan struktur kabinet masih dalam penyempurnaan sehingga masih belum dapat diumumkan.

"(Kabinet) sekarang masih disempurnakan-disempurnakan," ujar Ma'ruf di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (13/10).

Ma'ruf meminta publik untuk bersabar menanti nama-nama menteri yang masuk dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini