Jadi Ibu Kota Negara Baru, Ini yang Disiapkan Bupati Penajam Paser Utara dan Kukar

Senin, 26 Agustus 2019 21:14 Reporter : Saud Rosadi
Jadi Ibu Kota Negara Baru, Ini yang Disiapkan Bupati Penajam Paser Utara dan Kukar Wilayah Samboja Kalimantan Timur. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo hari ini memutuskan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Lokasinya, berada di Samboja Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku di Penajam Paser Utara (PPU). Kedua kepala daerah itu memberikan tanggapannya.

Terkait keputusan itu, Pemkab PPU telah menyiapkan lahan yang diperlukan, sesuai kajian Bappenas. Disebutkan, kawasan IKN berada di kecamatan Sepaku, yang berbatasan dengan Kukar.

"Lokasinya berbatasan dengan Kutai Kartanegara. Besok kami sudah siapkan lahannya," kata Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud, kepada wartawan dalam agenda kegiatan nasional di Bali, Senin (26/8).

Namun demikian, Gafur mengaku belum tahu persis titik IKN. "Kami komunikasikan dengan kepada pemerintah pusat, Bappenas, di mana yang akan dibangun," ujar Gafur.

"Sudah harus, dan wajib kita siapkan lahannya. Lahan kita siapkan 300 ribu hektare, tinggal arahan Pak Presiden sesuai konsep Smart, Green and Beautiful," sebut Gafur.

Gafur menjamin, 300 hektare lahan tidak bermasalah. "Saya sudah komunikasikan bersama tokoh adat, tokoh masyarakat. Ketika ibu kota dipindah, saya yakin Indonesia Timur juga terbangun pesat," ungkap Gafur.

Sementara, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah juga memastikan kesiapan Kutai Kartanegara, setelah sebelumnya sempat menjadi tanda tanya perihal lokasi IKN. "Setelah penetapan ini, kita selalu siap karena ini kebijakan nasional," kata Edi.

"Pemkab menunggu koordinasi lebih lanjut. Langkah awal kami, perangkat daerah terkait teknis seperti Camat dan Lurah, bisa menghimpun data misal soal pindah datang penduduk, dan pola pembinaan masyarakat. Dampaknya, tentu bisa mempercepat pembangunan infrastruktur di Kukar sebagai pemerataan pembangunan,"

Diketahui, siang tadi, Gubernur Kalimantan Timur menyebut Samboja di Kukar dan Semoi di Sepaku, Penajam Paser Utara, jadi ibu kota negara. "Kecamatan Samboja dan Kecamatan Semoi Sepaku," ujar Gubernur Kaltim Isran Noor di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8). [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini