Jadi Dewan Pengarah BRIN, Megawati Bertugas Beri Arahan Soal Nuklir dan Luar Angkasa

Rabu, 13 Oktober 2021 14:51 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jadi Dewan Pengarah BRIN, Megawati Bertugas Beri Arahan Soal Nuklir dan Luar Angkasa Jokowi lantik Megawati jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN di Istana Negara. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Megawati Soekarnoputri resmi menjadi ketua dewan pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Dalam Peraturan Presiden Nomor 78/2021 Megawati nantinya akan betugas memberikan arahan kepada Kepala BRIN untuk merumuskan kebijakan penyelenggaraan penelitian ketenaganukliran hingga keantariksaan.

"Dewan Pengarah mempunyai tugas memberikan arahan kepada Kepala dalam merumuskan kebijakan dan penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran, dan penyelenggaraan keantariksaan menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional dari segala bidang kehidupan yang berpedoman pada nilai Pancasila," bunyi pasal 6 dikutip merdeka.com, Rabu (13/10).

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Ketua Dewan Pengarah dibantu oleh Staf Khusus yang bersifat ex-officio dan tidak bersifat ex-officio yang berjumlah paling banyak 4 (empat) orang.

Sementara itu, ketentuan soal Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN berubah lewat pasal 7 ayat (5). Posisi yang semula diisi kalangan profesional dan akademisi itu sekarang dijabat oleh dua menteri di bidang terkait.

"Wakil Ketua sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dijabat secara ex-officio oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan dan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perencanaan pembangunan nasional," bunyi ayat itu.

Lebih lanjut, dalam Pasal 8 juga disebut akan dibentuk Sekretariat Dewan Pengarah. Hal tersebut untuk membantu dukungan teknis dan administratif kepada Dewan Pengarah.

"Untuk memberikan dukungan teknis dan administratif kepada Dewan Pengarah dibentuk Sekretariat Dewan Pengarah yang merupakan bagian dari unit organisasi sekretariat utama," demikian bunyi Pasal 8 Ayat 1.

Jokowi Lantik Megawati

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Megawati Soekarnoputri sebagai ketua dewan pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 45/2021 Tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah badan riset dan inovasi (BRIN). Terlihat dalam youtube sekretariat presiden, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga turut ikut pelantikan dalam siaran virtual.

"Demi Allah saya bersumpah.Bahwa saya akan setia kepada UUD tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi diikuti mereka di Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, Bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjutnya.

Berikut nama-nama yang dilantik Jokowi :

1. Ketua Dewan Pengarah : Megawati Soekarnoputri
2. Wakil Ketua Dewan Pengarah: Menteri Keuangan Sri Mulyani
3. Wakil Ketua Dewan Pengarah : Menteri Rencana Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Manoarfa
4. Sekretaris : Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto
5. Anggota :
- Emil Salim
-I Gede Wenten
- Bambang Kesowo
- Adi Utarini
- Marsudi Wahyu Kisoro
- Tri Mumpuni [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini