Istri Sambo Diperiksa Besok Atau Lusa, Penahanan Keputusan Penyidik

Rabu, 24 Agustus 2022 19:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
Istri Sambo Diperiksa Besok Atau Lusa, Penahanan Keputusan Penyidik Potret Istri Ferdy Sambo. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Polri segera memeriksa istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J. Rencananya, pemeriksaan akan dijadwalkan antara besok atau lusa.

"Pokoknya antara hari Kamis atau Jumat," ujar Kadiv Humas Polri Dedi Prasetyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).

Dedi mengatakan, penyidik yang akan memutuskan apakah Putri bakal segera ditahan atau tidak setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan.

"Itu penyidik nanti yang putuskan. Nanti kalau sudah diputuskan penyidik baru kita sampaikan ke teman-teman," katanya.

Penyidik akan punya alasan objektif dan subjektif untuk menilai Putri ditahan atau tidak. Selesai pemeriksaan kepada Putri akan diputuskan penyidik.

"Ya penyidik kan punya alasan objektif dan subjektif. Penyidik nanti yang putuskan. Selesai pemeriksaan baru bisa diputuskan," kata Dedi.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kemarahan Sambo pada Brigadir J

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pemeriksaan terhadap istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi untuk mendalami motif pembunuhan Brigadir J. Mengenai motif sampai saat ini penyidik baru mendapatkan dari keterangan Sambo.

Awalnya anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Sudding memaparkan peristiwa di Magelang yang memicu kemarahan Sambo. Salah satunya perilaku Brigadir J kepada Putri yang dilaporkan kepada Sambo.

"Tiba di rumah Saguling, dikonfirmasi boleh jadi juga oleh Ferdy Sambo mengkonfirmasi kepada para ajudan apa yang dialami oleh ibu sehingga muncul kemarahan emosi dan sebagainya," ujar Sudding memaparkan kronologi peristiwa yang diduga menjadi motif penembakan saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Rabu (24/8).

Lebih lanjut, Sudding menyebut Sambo murka dan marah mendengar perlakuan Brigadir J kepada istrinya. Akhirnya terjadi penembakan di rumah dinas Sambo di Duren Tiga.

Diminta konfirmasi kronologi ini, Kapolri Sigit menjawab ada kesesuaian dengan keterangan yang disampaikan oleh Sambo. Saat ini Polri baru mengantongi keterangan Sambo terkait motif.

"Dari yang disampaikan beliau ada banyak hal yang memang sesuai pak. Namun, mohon izin, terkait motif ini kami sementara sudah mendapatkan keterangan dari saudara FS," ujar Sigit.

Penyidik akan memastikan kembali kronologi peristiwa di Magelang kepada Putri Candrawathi. Apakah akan ada perubahan keterangan atau tidak dalam pemeriksaan sebagai tersangka.

"Namun kami juga ingin memastikan sekali lagi untuk memeriksa Ibu PC sehingga nanti yang kami dapat, apalagi pada saat posisi beliau sebagai tersangka apakah berubah atau tidak," ujar Sigit. [lia]

Baca juga:
Kapolri Cerita Awal Mula Skenario Jahat Irjen Ferdy Sambo Terendus
CEK FAKTA: Video Temuan Uang di Rumah Ferdy Sambo Hoaks, Ini Faktanya
Ini Pelanggaran eks Karopaminal Brigjen Hendra Kurniawan di Kasus Irjen Ferdy Sambo
Menebak Tujuan Kapolri 'Parkir' Polisi Terlibat Skenario Sambo ke Yanma
Peran Kombes Budhi di Skenario Sambo hingga Dicopot dari Kapolres Jaksel
Dua Jam Setelah Brigadir J Dieksekusi
Profil AKP Irfan Widyanto, Polisi Penerima Adhi Makayasa Tersandung Kasus Ferdy Sambo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini