Ini sikap SBY soal kasus Kompol Novel Baswedan

Senin, 8 Oktober 2012 20:40 Reporter : Muhammad Mirza Harera
Ini sikap SBY soal kasus Kompol Novel Baswedan Presiden SBY. REUTERS

Merdeka.com - Presiden SBY juga angkat bicara terkait kasus Kompol Novel Baswedan yang akan dicokok Polri karena diduga melakukan penembakan 8 tahun silam. SBY pun menyesalkan kedua belah pihak, baik KPK dan Polri terkait kisruh tersebut.

Menurut SBY merujuk pada UUD 1945, bahwa setiap orang adalah sama di depan hukum, begitu juga dengan Kompol Novel, anggota Polri yang saat ini sedang bertugas di KPK.

"Siapa pun dia sama di depan hukum. Dia harus diproses tidak boleh dikatakan sebagai kriminalisasi KPK," ujar SBY saat menyampaikan pidatonya, Senin (8/10).

Menurut SBY, proses hukum kasus Kompol Novel tidak ada kaitannya dengan tugasnya sebagai penyidik di KPK. Kasus Kompol Novel yang saat ditangani Polri adalah kasus 8 tahun lalu.

"Penegakan hukum harus merujuk pada niat baik, jangan ada motivasi lain, misalnya karena yang bersangkutan sedang melakukan penyidikan kasus simulasi, itu tidak boleh. Jangan langsung juga divonis kriminalisasi KPK," ujar SBY yang malam ini mengenakan kemeja biru lengan panjang.

Di satu sisi, Presiden juga menyayangkan sikap Polri dalam menangani kasus Kompol Novel Baswedan. Menurut SBY, timing Polri dalam mengungkap kasus Novel dinilai tidak pas.

"Sangat tidak tepat jika ada tindakan untuk memproses tersebut. Timing dan pendekatannya tidak tepat. Itu pandangan saya," imbuhnya. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini