Imbas Listrik Padam, Pedagang Ikan di Jakarta Terancam Rugi Ratusan Juta

Minggu, 4 Agustus 2019 20:29 Reporter : Ronald
Imbas Listrik Padam, Pedagang Ikan di Jakarta Terancam Rugi Ratusan Juta Pedagang Ikan Hias Terancam Rugi Ratusan Juta Rupiah akibat Listrik Padam. ©2019 Merdeka.com/Ronald

Merdeka.com - Ratusan pedagang ikan hias terancam merugi hingga ratusan juta rupiah akibat listrik mati di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Seorang pedagang ikan di Menteng, Jakarta Pusat Fais mengaku usahanya bisa rugi karena ikan di akuarium terancam mati karena kekurangan oksigen.

"Oksigen di dalam tabung sudah menipis, ya sementara kan seluruh ikan di akuarium ini harus menerima pasokan oksigen setiap saat," kata Fais saat ditemui di lokasi, Minggu (4/8).

Fais berputar otak agar tidak merugi. Salah satu caranya dengan memasukkan ikan-ikan ke dalam kantong plastik berisi oksigen. Meski begitu, dia menuturkan, cara tersebut tidak bertahan lama.

"Ya sampai ratusan juta (Kerugian). Jadi saya akalin ikan yang mahal masukin ke plastik (berisikan oksigen), ya meskipun tak bisa bertahan lama ya kalau di plastik itu," ujarnya.

Dengan kejadian ini, Fais bersama rekan-rekannya berharap agar pemerintah dapat segera menormalkan kembali aliran listrik.

"Ya kita minta upaya pemerintah cepat hidupkan kembali listrik ini," pungkasnya.

Sebelumnya, pasokan listrik Jakarta-Banten mengalami gangguan sejak pukul 11.48 WIB. Menurut keterangan PLN, penyebabnya karena gangguan yang terjadi pada sisi transmisi ungaran dan pemalang 500 kV, yang mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian jawa barat dan jawa tengah mengalami pemadaman.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

Selain itu terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya listrik sejumlah Area Jawa Barat. [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini