Idul Adha, Para Pencari Suaka juga Dapat Daging Kurban Olahan

Minggu, 11 Agustus 2019 22:47 Reporter : Merdeka
Idul Adha, Para Pencari Suaka juga Dapat Daging Kurban Olahan Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Sunda Kelapa. ©2019 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial DKI Jakarta, Tarmijo Damanik menyatakan, daging kurban akan didistribusikan juga ke para pencari suaka di tempat penampungan bekas markas Kodim Kalideres Jakarta Barat.

Dia menyebut pencari suaka akan mendapatkan daging kurban olahan. Sehingga dapat langsung disantap tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

"Kalau mentah dia masaknya di mana, enggak ada kompor," kata Tarmijo saat dihubungi, Minggu (11/8).

Pembagian daging kurban olahan tersebut, kata dia, rencananya dibagikan pada besok (12/8) siang. Pendistribusian tersebut merupakan salah satu dari program Dinsos DKI Jakarta.

"Kalau dari dapur kurban enggak, karena itu kan buat yang kumuh-kumuh di prioritaskan warga DKI. Kalau ini dari Dinsos," jelasnya.

Sebelumnya, para pencari suaka di tempat penampungan bekas markas Kodim Kalideres Jakarta Barat, tidak bisa merasakan hangatnya Hari Raya Idul Adha 2019. Mereka bahkan tidak mendapat pembagian daging hewan kurban.

"Iya semua orang pasti senang kalau bisa makan daging kurban. Insyaallah dapat," kata salah satu pengungsi asal Afganistan, Khadijah saat ditemui di penampungan di Kalideres, Jakarta, Minggu (11/8).

Ia mengatakan, terakhir kali merasakan daging kurban adalah saat ia masih di Afganistan empat tahun yang lalu. Dia juga mengenang setiap Idul Adha, selalu memasak masakan khas dan spesial dari Afganistan.

Namun di tengah keprihatinan di tempat penampungan sekarang, ia hanya bisa berharap Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) bisa segera mengurus administrasi kepindahannya ke negara tujuan.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Hewan Kurban
  2. Pemprov DKI
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini