Hujan terus mengguyur, Bendung Benanga Samarinda siaga 1

Rabu, 5 April 2017 14:55 Reporter : Nur Aditya
Hujan terus mengguyur, Bendung Benanga Samarinda siaga 1 Banjir Samarinda. ©2016 Merdeka.com/Nur Aditya

Merdeka.com - Hujan deras masih mengguyur kawasan Samarinda dan sekitarnya. Informasi terakhir menyebut, tingginya curah hujan membuat BendunG Benanga berada pada posisi siaga 1.

"Tiga hari saya pantau pintu air di Benanga, sekarang ya, siaga I. Air banjir dari utara Samarinda, belum sepenuhnya turun ke Benanga. Mudah-mudahan tidak turun hujan lagi," kata Kepala BPBD Kota Samarinda Endang Liansyah, kepada merdeka.com, saat ditemui di lokasi banjir, Rabu (5/4).

Padahal, ribuan rumah sudah terendam banjir. BPBD berharap hujan tak kembali turun yang menyebabkan bendung tersebut meluap dan memperluas daerah terdampak banjir.

"Saya belum bisa estimasi berapa rumah terendam, yang jelas ribuan. Di Bengkuring saja (kelurahan Sempaja Utara) ada 600 rumah, di sini (kelurahan Gunung Lingai seribuan). Ini masih terus mendata, untuk lapora kita ke BNPB," ujar Endang.

"Posisi air Bendung Benanga sudah melimpah di atas pintu air. Tiga hari lalu, belum melimpah. Ini dari atas (kawasan Lempake dan Sungai Siring) belum turun semua airnya, dan SKM bisa semakin meluap," sambung dia.

Pantauan merdeka.com, di lokasi banjir Gunung Lingai, 2 perahu fiber Dinas Sosial Kalimantan Timur, perahu karet dari BPBD Samarinda dan perahu karet dari BPBD Kalimantan Timur, diperbantukan ke lokasi banjir untuk proses evakuasi warga.

BPBD Samarinda juga mendirikan tenda darurat, mengantisipasi pungungsi bertambah. Selain itu, tim gabungan juga menyiagakan lampu penerangan digunakan di malam hari.

"Arus deras, ini air benar-benar melimpah dari hulu Bendung Benanga ya," demikian Endang. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir
  3. Samarinda
  4. Banjir Samarinda
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini