Hentikan Reklamasi Benoa, Koster Minta Pelindo III Perbaiki Kerusakan Lingkungan

Minggu, 25 Agustus 2019 14:40 Reporter : Moh. Kadafi
Hentikan Reklamasi Benoa, Koster Minta Pelindo III Perbaiki Kerusakan Lingkungan Gubernur Bali surati Pelindo III minta hentikan reklamasi. ©2019 Merdeka.com/Moh Kadafi

Merdeka.com - Gubernur Bali Wayan Koster meminta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III segera menghentikan reklamasi di areal seluas 85 hektare di sekeliling Pelabuhan Benoa, Bali. Koster juga meminta Pelindo III untuk segera melakukan pemulihan terhadap kerusakan lingkungan dan ekosistem mangrove.

"Iya secepatnya (Pemulihan terhadap kerusakan lingkungan dan ekosistem)," kata Koster saat menggelar konferensi pers di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Minggu (25/8).

Koster juga menjelaskan, bila pihak Pelindo III tidak mengindahkan untuk menghentikan reklamasi pihaknya akan melaporkannya ke pihak kepolisian. "Iya kita marahi, nanti saya laporin ke Polisi," imbuh Koster.

Dia menambahkan, meski proyek reklamasi itu adalah proyek nasional, dia tak akan memberi toleransi karena telah merusak lingkungan. "Itu dampaknya kayak begitu, 17 hektare, udah banyak (ekosistem rusak). Dan lihat sendiri kalau lewat sana para masyarakat atau penumpang yang menuju Bandara Ngurah Rai yang lewat sana itu marah," ungkapnya.

Saat ditanya oleh awak media, kenapa baru saat ini meminta penghentian reklamasi, Koster berdalih, proyek itu dikerjakan sebelum dia menjadi gubernur. "Karena dari dulu ini barangnya (reklamasi) dan bikinnya sebelum saya," ujarnya.

Dia menegaskan, semua proyek yang apapun bentuknya, yang merusak alam di Bali, untuk dikaji ulang. "Kalau bertentangan tidak, kalau merusak alam, iya tidak cocok. (Kerugian) belum dihitung. Pokoknya pemandangan (Kawasan Benoa) jadi jelek saja. Kalau pariwisata ditempat lain, tidak boleh merusak lingkungan," tegasnya.

Koster juga mengatakan akan memanggil pihak Pelindo III mengenai penghentian reklamasi di Pelabuhan Benoa, Bali. "Iya (Dipanggil Pelindo III) iya nantilah," pungkasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini