Haryadi-Heroe ditetapkan jadi Wali Kota & Wakil Wali Kota Yogyakarta

Kamis, 27 April 2017 17:04 Reporter : Purnomo Edi
Haryadi-Heroe ditetapkan jadi Wali Kota & Wakil Wali Kota Yogyakarta Pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Purwadi. ©2017 Merdeka.com/purnomo

Merdeka.com - Pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Purwadi resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Kota Yogyakarta periode 2017-2022. Penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta ini dilakukan melalui rapat pleno terbuka yang digelar KPU pada Kamis (27/4).

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanto mengatakan bahwa rapat pleno terbuka dilaksanakan setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang gugatan Pilkada Kota Yogyakarta dengan pemohon pasangan Imam Priyono dan Achmad Fadhli. Dalam sidang MK itu, semua dalil dari pemohon ditolak oleh hakim MK.

"Berdasarkan berita acara yang tertuang, pasangan nomor urut 1 (Imam Priyono-Achmad Fadhli) memeroleh 99.146 suara dan pasangan nomor urut 2 (Haryadi Suyuti-Heroe Purwadi) memeroleh 100.333 suara. Dari hasil rekapitulasi pasangan nomor 2 mendapatkan 50,3 persen suara sah sehingga memeroleh suara terbanyak dalam Pilkada Kota Yogyakarta," ujar Wawan saat membacakan surat keputusan KPU Kota Yogyakarta, Kamis (27/4).

Sesuai dengan pasal 54, lanjut Wawan, maka KPU Kota Yogyakarta menetapkan pasangan nomor dua sebagai Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Yogyakarta dalam Pilkada 2017.

Menanggapi rapat pleno KPU tentang penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Kota Yogyakarta, Imam Priyono mengatakan bahwa pihaknya legawa dan menerima semua hasil keputusan KPU Kota Yogyakarta. Keputusan KPU, sambung Imam harus dihormati bersama.

"Adanya dinamika maupun kondisi politik yang sempat memanas merupakan bagian dari demokrasi. Apapun kelemahan dari Pilkada ini merupakan bagian dari demokrasi. Rakyat sudah memilih pemimpin yang dikehendakinya," ucap Imam.

Imam pun mengucapkan selamat kepada pasangan Haryadi-Heroe yang telah terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta dalam Pilkada 2017. Imam pun meminta kepada pendukungnya untuk ikhlas menerima hasil Pilkada Kota Yogyakarta 2017 ini.

"Saya minta pendukung saya ikhlas menerima hasil ini. Mari kita bersama membangun Kota Yogyakarta," pungkas Imam.

Untuk diketahui, Haryadi merupakan Wali Kota Yogyakarta yang masih menjabat sementara lawannya Imam Priyono saat ini merupakan wakil Haryadi. Haryadi-Heroe diusung oleh Partai Golkar, PAN, Gerindra, Demokrat, PKS, dan PPP. Sementara Iman-Achmad diusung oleh PDIP, Partai Nasdem, dan PKB. [msh]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Yogyakarta
  3. Pilkada Serentak
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini