Habiburokhman Ungkap Alasan Mulan Jameela Cs Tak Lolos ke Senayan

Rabu, 14 Agustus 2019 18:39 Reporter : Merdeka
Habiburokhman Ungkap Alasan Mulan Jameela Cs Tak Lolos ke Senayan Sidang lanjutan gugatan Mulan Jameela. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Anggota Majelis Kehormatan Partai DPP Gerindra, Habiburokhman menjadi saksi dalam sidang lanjutan yang layangkan oleh Mulan Jameela bersama delapan kader Partai Gerindra lainnya. Diketahui, gugatan dalam sidang ini menuntut partai untuk bisa menetapkan kesembilan penggugat sebagai anggota legislatif di Parlemen periode 2019-2024.

Kepada majelis hakim, Habiburokhman mengatakan, Majelis Kehormatan Partai tidak bisa menetapkan mereka sebagai anggota legislatif. Sebab, hak tersebut hanya dimiliki oleh Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Kami sebagai bagian dari majelis kehormatan partai tidak berwenang terkait hal itu, semua hak prerogatif ketua dewan pembina partai," katanya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (14/8).

Dia mengungkapkan, sembilan kader tersebut sebelumnya telah menempuh jalur internal melalui sidang di Majelis Kehormatan Partai Gerindra. Mereka menuntut kepada partai untuk ditunjuk sebagai caleg terpilih karena kontribusinya dan suara yang dirasa telah memenuhi syarat.

"Namun Majelis Kehormatan Partai Gerindra tidak bisa memutus itu, itu prerogatif ketua dewan pembina bukan hak kami. Tapi dipersilakan bagi yang keberatan tak terima, untuk membawa ke pengadilan, dan pengadilan yang memutus selanjutnya, apakah gugatan mereka dikabulkan atau tidak, hakim memutuskan," jelas Habiburokhman.

Diketahui, Mulan dan delapan kader Gerindra lainnya menggugat karena kontribusi mereka selama masa kampanye dan hasil perolehan suara yang mereka dapatkan telah cukup untuk menjadikannya anggota legislatif.

Namun dikarenakan penghitungan suara menggunakan metode Sainte Lague dan Pemilih yang memilih Partai Gerindra ternyata jauh lebih besar daripada Pemilih yang memilih langsung Calon Anggota Legislatif maka tidak ada satupun calon anggota legislatif Partai Gerindra yang bisa mendapatkan kursi tanpa adanya suara Pemilih yang memilih Partai Gerindra saja.

Karenanya, penentuan para caleg yang lolos diserahkan kepada hak prerogatif Prabowo Subianto, sebagai ketua dewan pembina partai. Walau demikian, tidak semua kader termasuk Mulan Jameela menerima keputusan tersebut dan berujung gugatan ke pengadilan.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini