Gerhana bulan total malam ini hanya berlangsung lima menit

Sabtu, 4 April 2015 17:41 Reporter : Putri Artika R
Gerhana bulan total malam ini hanya berlangsung lima menit Gerhana bulan darah. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Planetarium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengungkap bahwa di tahun 2015, akan terjadi dua kali gerhana bulan. Panitia Planetarium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Cecep Nurwendaya, mengatakan gerhana bulan pertama akan terjadi malam ini, Sabtu (4/4). Sementara gerhana bulan kedua diproyeksi akan terjadi pada tanggal 28 September 2015.

Cecep mengatakan, gerhana bulan yang akan terjadi malam ini adalah gerhana bulan total di mana sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang bumi.

"Gerhana bulan total pada hari ini hanya berlangsung 5 menit," ujar Cecep di Planetarium, Jakarta, Sabtu (4/4).

Cecep mengatakan gerhana bulan total tepatnya dapat dilihat dalam dalam rentang waktu pukul 18.57.54 WIB hingga 19.02.37 WIB. "Gerhana bulan total ini tidak seperti gerhana bulan pada tahun 2007 di mana durasinya lama hampir 1 jam lebih," ujarnya.

Adapun untuk gerhana bulan parsial hari ini dapat dilihat dalam durasi 3 jam 29 menit, yakni mulai pukul 16.01.27 WIB sampai 17.15.45 WIB.

"Untuk mencari lokasi bulan terbit di arah horizon timur dekat dengan arah lokasi matahari terbit," ujarnya.

Cecep menambahkan gerhana ini dapat dilihat dengan mata telanjang dan tidak membahayakan mata. [siw]

Topik berita Terkait:
  1. Gerhana Bulan
  2. Jakarta
  3. Blood Moon
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini