Gara-Gara Pohon Jengkol, Petani di Musi Rawas Rusak Mobil Tetangga

Jumat, 26 November 2021 15:41 Reporter : Irwanto
Gara-Gara Pohon Jengkol, Petani di Musi Rawas Rusak Mobil Tetangga Ilustrasi borgol. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Rudiansyah (36) ditangkap polisi atas tindak pidana perbuatan tidak menyenangkan dan perusakan mobil milik tetangga, Hendrik Khosinger (46). Pemicunya terbilang sepele, yakni pohon jengkol dicat korban.

Peristiwa itu terjadi saat korban sedang berada di kebunnya di Desa Harapan Makmur, Kecamatan Muara Lakitan, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Kamis (29/7). Dengan beringas, pelaku menantang korban dan mengeluarkan beragam kata umpatan.

Tak puas, pelaku menyerang tetangganya itu dengan parang. Takut melukai dirinya, korban menghindar dan bergegas melarikan diri.
Emosi tak terbendung karena gagal mencelakai sasaran, pelaku mengalihkan perhatiannya ke mobil korban. Dia memecahkan kaca belakang mobil dengan parangnya. Hal itu membuat korban tak terima dan memilih menyerahkan kasus ini ke ranah hukum.

Kasatreskrim Polres Musi Rawas AKP Dedi Rahmat Hidayat mengungkapkan, tersangka ditangkap setelah dilakukan penyelidikan berupa keterangan saksi dan pengumpulan barang bukti. Penyidik memastikan kasus ini dapat dinaikkan menjadi penyidikan dan selanjutnya diserahkan ke kejaksaan untuk disidang.

"Tersangka ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya subuh tadi. Penangkapan dilakukan untuk memudahkan proses hukum selanjutnya," ungkap Dedi, Jumat (26/11.

Dari pemeriksaan, tersangka nekat melanggar hukum karena tak terima pohon jengkol miliknya dirusak korban beberapa hari sebelum kejadian. Dia sengaja mengincar korban untuk membuat perhitungan tetapi korban keburu kabur.

"Motifnya pohon jengkol rusak akibat diwarnai korban pakai cat," ujarnya.

Atas perbuatannya, tersanga dikenakan Pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan dan Pasal 406 KUHP tentang perusakan yang diancam pidana penjara selama 2,6 tahun. Polisi menyita mobil yang rudak dan ponsel. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini