Dukung Pemindahan Ibu Kota, Borneo Muda Harap Jadi Momentum Pemerataan Pembangunan

Minggu, 25 Agustus 2019 13:10 Reporter : Ahdania Kirana
Dukung Pemindahan Ibu Kota, Borneo Muda Harap Jadi Momentum Pemerataan Pembangunan Komunitas Borneo Muda dukung pemindahan ibu kota. ©2019 Merdeka.com/Ahdania Kirana

Merdeka.com - Keputusan pemerintah akan memindahkan Ibu Kota Negara ke Pulau Kalimantan diapresiasi positif oleh Komunitas Borneo Muda. Mereka menggelar aksi ucapan terima kasih di lokasi Car Free Day, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (25/8).

"Kami berterima kasih pada bapak Presiden Joko Widodo karena sudah memilih Kalimantan sebagai ibukota baru. Kami mendukung di mana pun wilayah Kalimantan yang dipilih," kata Presidium Borneo Muda Harianto Minda kepada merdeka.com.

Dia menyatakan bangga karena Pulau Kalimantan yang dipilih pemerintah dan menjadi bukti pemerintah memperhatikan Indonesia Timur.

"Dulu kan pernah di Jogja, Bukittinggi, nah wilayah tengah ke timur itu kan baru kali ini, jadi kami bangga Kalimantan bisa dipilih," ucapnya.

Terkait kekhawatiran lokasi ibu kota yang baru akan merusak hutan Kalimantan, Harianto menilai hal itu wajar asalkan dilakukan untuk hal yang positif.

"Bisa saja ada yang ditebang, tapi selama untuk kemajuan negara ya enggak apa-apa, kan tujuannya positif, lagian pasti enggak semua (hutan ditebang)," ucapnya.

Borneo Muda berharap pemindahan ibu kota ini dapat mendukung pemerataan pembangunan di Indonesia. Ia mencontohkan, kehebohan saat mati lampu kemarin menjadi salah satu contoh tidak meratanya pembangunan di Indonesia.

"Sekarang menurut saya masih Jawasentris. Kemarin waktu mati lampu langsung heboh semua karena memang Jakarta itu pusat pemerintahan jadi dibutuhkan banget listrik itu. Padahal, di Kalimantan masih banyak wilayah yang 24 jam enggak dapat listrik. Ini kan enggak rata perhatiannya. Kalau ibu kota di Kalimantan, semoga jadi rata pembangunannya, yang diperhatikan tidak hanya satu wilayah tapi seluruh wilayah. Jakarta nanti biarlah menjadi pusat bisnis," ujarnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini