Dua Anak 7 Tahun di Makassar Sumbangkan Celengannya Untuk Beli APD

Senin, 6 April 2020 09:06 Reporter : Merdeka
Dua Anak 7 Tahun di Makassar Sumbangkan Celengannya Untuk Beli APD Bocah Sumbang Celengan Untuk Beli APD. ©2020 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Tata (7) dan Unsia (7) menyumbangkan celengannya untuk membeli Alat Pelindung Diri atau APD tim medis. Mereka membawa celengan kalengnya ke Posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan yang berada di Sekretariat Aliansi Jurnalik Independen Makassar.

Setelah dibongkar celengan kaleng yang ditabung selama enam bulan terakhir itu berisi uang sebanyak Rp349 ribu.

"Ini untuk dokter biar bisa beli masker, ini dari tabungan kami selama enam bulan," kata Tata, Minggu (5/4).

Sementara itu, Koordinator Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulawesi Selatan, Darwin Fatir mengatakan, apa yang dilakukan Tata dan Unsia adalah bentuk respon cepat terhadap kondisi yang dihadapi Indonesia saat melawan Virus Corona.

"Patut mendapat apresiasi, Tata dan Unsia di usia masih sangat muda ini sudah peduli akan kemanusiaan. Kami sangat salut dan bangga serta berterima kasih atas sumbangan yang diberikan," jelasnya.

Seperti diketahui, pembentukan JPK ini melibatkan lintas organisasi media yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulsel dan Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, dan Pewarta Foto Makassar.

Untuk posko JPK Sulsel di pusatkan di Sekretariat AJI Makassar jalan Toddopuli VII nomor 23 A Makassar. Sedangkan untuk donasi melalui rekening BNI Makassar, atas nama M Darwin F di nomor rekening 584667615.

"Sekecil apapun bantuan Anda, tentu akan sangat bermanfaat bagi para tenaga medis," tutup Darwin.

1 dari 1 halaman

Bocah 6 Tahun Sumbang Celengan untuk Beli APD Tim Medis

tahun sumbang celengan untuk beli apd tim medis rev1

Sebelumnya, di tengah pandemi Virus Corona Covid-19, bocah berusia 6 tahun bernama Yasmin Saman Ahmad, merelakan tabungan yang ia kumpulkan selama dua tahun terakhir. Tabungan itu disumbangkan demi membeli Alat Pelindung Diri (APD) yang akan diserahkan kepada tim medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19.

Didampingi ibunya, Yasmin mendatangi Posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulawesi Selatan yang berada di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Jalan Toddopuli VII no or 23 A pada Jumat, 3 April 2020.

Yasmin datang membawa celengan ikan berwarna kuning. Celengan itu berisi uang koin recehan, setelah dibongkar isinya ternyata lumayan banyak, yakni Rp448.800.

"Untuk bantu belikan kakak dokter dan perawat baju (APD) di puskesmas dan rumah sakit. Tetap semangat kakak dokter," kata Yasmin, di Posko JPK, Makassar, Jumat (3/4).

Mardiana Rusli, ibunda yasmin mengatakan bahwa keinginan Yasmin merelakan celengannya itu atas inisiatifnya sendiri. Hatinya tergerak melihat kondisi tenaga medis yang kekurangan APD ketika menangani pasien Virus Corona Covid-19.

"Memang Yasmin kami didik sejak umur dua tahun menabung, hasil tabungan itu diperuntukkan untuk bantuan sosial. Setiap dua tahun celengan dibuka berapapun isinya disumbangkan yang berhubungan dengan kemanusiaan," ucap mantan Ketua AJI Makassar itu.

Mardiana berharap pemerintah bisa bergerak cepat menangani penyebaran Virus Corona Covid-19 di tengah masyarakat serta mengonsolidasikan gerakan bersama untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

"Pemerintah harus konsolidasi dengan masyarakat, bergerak secara kemanusiaan. Akan sia-sia langkah antisipasi penyebaran virus dari kita sendiri kalau mampu mengelola emosi dan ego kita masing-masing. Ikuti imbauan pemerintah, kita harus tetap di rumah dan utamanya menjaga kebersihan," harap Mardiana.

Reporter: Fauzan
Sumber: Liputan6.com [fik]

Baca juga:
Naik Mobil Sport, Kakek di Solo Bagikan Beras & Uang Cegah Penyebaran Corona
Cerita Satu Keluarga Bagikan Makan Siang di Tengah Pandemi Corona
Sosok Imam Pesuwaryantoro, Pemuda Asal Bekasi Pencetus Aplikasi Unik yang Mendunia
Tugas Berat Perawat Pasien Covid-19
Gerakan Sosial Kampung Penjahit di Purbalingga Produksi Masker Gratis
Kisah Inspiratif Tatang, Pria Tunanetra Pendiri SLB di Bandung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini