DPR Sahkan 9 Anggota Komnas HAM 2022-2027, Atnike Nova Sigiro Terpilih jadi Ketua

Selasa, 4 Oktober 2022 12:07 Reporter : Ahda Bayhaqi
DPR Sahkan 9 Anggota Komnas HAM 2022-2027, Atnike Nova Sigiro Terpilih jadi Ketua Komnas HAM. ©2012 Merdeka.com/dok

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan sembilan nama calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Laporan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Komnas HAM dibacakan dalam rapat paripurna ke-8 masa persidangan I tahun sidang 2022-2023.

Laporan dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh. Dilanjutkan dengan pengambilan keputusan dipimpin oleh pimpinan sidang, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

"Sidang Dewan yang terhormat, sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang Dewan yang terhormat, apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan anggota Komnas HAM RI periode 2022-2027 dapat disetujui?" ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10).

Kemudian seluruh anggota dewan menyetujui. Dengan demikian, calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027 telah resmi disahkan.

2 dari 2 halaman

Daftar Nama 9 Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027

Sebelumnya, Komisi III DPR RI telah menetapkan sembilan nama calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Komisi III telah memilih berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar sejak Jumat, 30 September lalu.

Sembilan nama itu adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P Siagian, Uli Parulian Sihombing. Atnike Nova Sigiro ditunjuk sebagai ketua.

"Sudah (hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Komnas HAM), ada sembilan nama," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir ketika dikonfirmasi, Senin (3/10).

Di antara nama-nama calon anggota Komnas HAM terpilih tidak ada nama anggota periode sebelumnya. Adapun dua anggota Komnas HAM sebelumnya yang mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan adalah Beka Ulung Hapsara dan Amiruddin.

Baca juga:
Daftar Sembilan Nama Calon Anggota Komnas HAM 2022-2027
Komnas HAM Dalami Insiden Stadion Kanjuruhan: Ini Tragedi Kemanusiaan
Komnas HAM Kirim Tim Pantau Penanganan Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan
Tuntut Keadilan, Keluarga Korban Minta Pelaku Mutilasi 4 Warga Timika Dihukum Mati
Lukas Enembe Telepon Dirdik KPK, Laporkan Kondisi Kesehatan untuk Jalani Pemeriksaan
Komisi III DPR Seleksi Calon Komisioner Komnas HAM
DPR Cecar Komnas HAM usai Temui Lukas Enembe: Kasus Korupsi atau Pelanggaran HAM?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini