Dokter Paru Nilai CT Value Bukan Patokan Tepat Aman dari Covid-19

Kamis, 29 Juli 2021 18:57 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Dokter Paru Nilai CT Value Bukan Patokan Tepat Aman dari Covid-19 Vaksinasi di Pusat Perbelanjaan Plaza Pondok Gede. ©2021 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan menilai angka CT (cycle threshold value) tidak lagi menjadi patokan untuk mengukur orang terpapar Covid-19 atau tidak. Menurutnya, patokan yang tepat adalah gejala yang dirasakan langsung.

"CT Value ini berapa banyak yang aman, dalam kondisi saat ini CT Value sudah tidak lagi menjadi patokan, yang jadi patokan kondisi klinis, keluhan pasien, kerusakan yang terjadi pada pasien dan juga waktu gejalanya timbul," katanya dalam diskusi Sehat, Waspada, dan Berdampingan Dengan Covid-19, Kamis (29/7).

Menurutnya, angka CT value kemungkinan berbeda dengan kondisi yang dialami orang tersebut. Maka, CT value saat ini tak perlu jadi patokan aman dari Covid atau tidak.

"Karena bisa jadi CT valuenya rendah tapi orangnya baik-baik saja maka gak masalah, ada juga yang kondisinya sangat berat bahkan butuh ICU CT valuenya tinggi, jadi saat ini CT Value jadi patokan," terangnya.

Sehingga, Erlina tidak ingin masyarakat terjebak dengan CT Value. Biarlah dokter, atau rumah sakit yang menentukan kondisi seseorang tersebut.

"Contohnya isoman, karena bukan nakes yang menentukan isoman tapi keluarga yang menentukan akhirnya banyak yang meninggal dirumah, karena sebetulnya orang tersebut tidak pantas untuk isoman karena dia sesak, saturasimya rendah, tapi keluarganya yang memutuskan wah ini isoman saja, wah ini gak boleh," tuturnya.

"Sama juga dengan CT value gak usah dipusingkan, itu tidak lagi jadi patokan, karena saat ini yang penting sekarang yang kita lihat adalah kondisi klinis dan gejala pasien," pungkasnya.

Singkatnya, CT (cycle threshold value) value bisa disebut sebagai nilai batas ambang siklus. Berikut mengetahui cara lebih detail membaca angkat CT value dalam pemeriksaan RT-PCR:

Nilai CT value 40 ke atas adalah negatif, artinya tidak ditemukan satu pun partikel virus yang terdeteksi dalam tubuh [ded]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini