'Didi Kempot Penyambung Akar Kejawaan'

Sabtu, 9 Mei 2020 17:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin
'Didi Kempot Penyambung Akar Kejawaan' Didi Kempot. ©2020 Merdeka.com/Instagram @khofifah.ip

Merdeka.com - The God Father of Broken Heart Didi Kempot meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Selasa (5/5) pukul 7.45 WIB. Kepergiannya membuat dunia musik khususnya campur sari bersedih. Lagu-lagu Didi Kempot pun hingga kini masih diputar para penggemarnya mulai dari kalangan muda hingga tua.

Pengamat Seni Budaya Wicaksono Adi mengakui, lagu-lagu yang dibawakan Didi Kempot bisa didengarkan seluruh kalangan. Saat jilid pertama, Didi dikenal sebagai penyambung akar kejawaan. Saat masyarakat Jawa yang bekerja di luar pulau atau luar negeri.

"Didi Kempot pada tahun 1990-2005 pada waktu itu kita ingat rata-rata orang Jawa maupun orang Indonesia yang kenal Didi berasal dari pengamen dan menciptakan lagu, Didi Kempot sebagai penyambung akar kejawaan, menghubungkan dengan kampung. Mereka yang sedang bekerja di luar Jawa," kata Wicaksono dalam diskusi 'Didi Kempot dan Kita' melalui siaran teleconference, Jakarta, Sabtu (9/5).

Tidak hanya jadi penyambung akar rumput, tema-tema lagu yang dibawakan Didi Kempot sederhana dan merakyat. Siapun bisa mendengarkan lagu yang dibawakan penyanyi asal Surakarta tersebut, mulai dari Stasiun Balapan hingga Pamer Bojo.

"Didi Kempot lebih sederhana, tahun 90an awal 2000an hanya dikalangan Jawa, ada dua model Didi Kempot basisnya musik dangdut," ungkap Wicaksono.

Wicaksono juga mengatakan Didi Kempot adalah sosok idola bukan hanya untuk kalangan yang mengerti bahasa Jawa, namun juga kalangan yang tidak bisa berbahasa Jawa.

"Dia sudah cukup siap idola non-Jawa. non-Jawa maksudnya tidak bis berbahasa Jawa. Kesederhanaan itu sudah ada. Didi Kempot cara mengungkapkannya melankoli dengan ringan dan bisa ditertawakan dan tidak ekstrem," ungkap Wicaksono. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini