Di TPS Sultan HB X & Mahfud MD, Jokowi-Ma'ruf Amin Menang Telak

Kamis, 18 April 2019 09:22 Reporter : Purnomo Edi
Di TPS Sultan HB X & Mahfud MD, Jokowi-Ma'ruf Amin Menang Telak Sultan HB X Gunakan Hak Suaranya di TPS 15. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin meraih kemenangan di TPS tempat Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X menggunakan hak suara. Sri Sultan HB X menggunakan hak suara di TPS 15 yang berada di Ndalem Cokronegaran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Di TPS 15, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul lebih dari dua kali lipat suara dibandingkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin berhasil mendapatkan 172 suara. Sementara itu pasangan Prabowo-Sandiaga Uno meraih 55 suara. Sedangkan suara tidak sah total ada empat suara.

Di TPS 15 ada 285 DPT dan ditambah 7 DPTb. Total pemilih yang menggunakan hak suaranya ada 231.

Dari 231 orang pemilih yang menggunakan hak suaranya, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul jauh dibandingkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Jokowi-Ma'ruf Amin mendapatkan 172 suara sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno meraih 55 suara.

Sebelumnya, Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X meminta semua calon yang maju menerima dengan ikhlas hasil pemilu 2019. Termasuk kedua paslon di pilpres yang berebut suara.

"Jadi saya kira kalah menang itu sesuatu yang wajar karena pilihan publik itu yang menumbuhkan suara dipilih atau tidak. Saya kira ikhlas saja," ujar Sultan usai mencoblos di TPS 15 Panembahan Yogyakarta, Rabu (17/4).

Selain itu, Jokowi-Ma'ruf Amin juga meraih kemenangan di TPS 105 tempat mantan Ketua MK, Mahfud MD menggunakan hak pilihnya. TPS 105 sendiri berada di RT 01/RW 53 Sambilegi Baru Lor, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Di TPS 105, Jokowi-Ma'ruf Amin unggul telak dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 149 suara sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno hanya meraih 75 suara.

"Untuk perolehannya pasangan calon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 149 suara. Pasangan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno di TPS 105 memperoleh 75 suara," ujar Ketua KPPS 105, Agus Triyono.

"Jumlah suara tidak sah ada satu suara," ungkap Agus.

Agus menerangkan total ada 242 daftar pemilih tetap (DPT) yang tercatat di TPS 105. Selain Mahfud MD di TPS 105 ini pulalah istri, anak dan menantu Mahfud MD menggunakan hak pilihnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini