Corona saat Ramadan, Wapres Ajak Umat Islam Perbanyak Istighfar dan Baca Alquran

Senin, 4 Mei 2020 15:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Corona saat Ramadan, Wapres Ajak Umat Islam Perbanyak Istighfar dan Baca Alquran Wapres Maruf Amin dalam Musyawarah Nasional V Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia. ©2020 Liputan6.com/Ditto Radityo

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, Ayyamul maghfirah dan nuzulul Qur'an menjadi momen penting memasuki 10 hari kedua Ramadan. Dia pun berharap umat Islam memanfaatkan momen itu dengan memperbanyak istighfar dan membaca Alquran di tengah pandemi Covid-19.

"Saya kira saat-saat seperti bulan Ramadan yang mubarak (diberkahi) ini, pada saat periode 10 kedua sebagai ayyamul maghfirah ini, maka kita banyak memohon ampun. Dan selain juga memohon ampun itu supaya dosa-dosa kita diampuni, kita juga diselamatkan dari godaan setan dan juga dari siksa," kata Wapres saat tausiah Ramadan di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (4/5).

Wapres menambahkan, Ramadan identik dengan peristiwa nuzulul Qur'an dan lailatul qadar atau malam kemuliaan. Masyarakat juga mengenalnya sebagai malam seribu bulan karena Alquran juga diturunkan pada malam itu. Hal ini merujuk beberapa riwayat yang menyebutkan bahwa Alquran diturunkan dua kali.

Pertama, Alquran turun sekaligus dari lauhul mahfudz atau kitab yang terjaga dan kitab di mana Allah mencatat seluruh peristiwa alam semesta ke langit dunia pada peristiwa lailatul qadar. Peristiwa ini terjadi pada 10 hari terakhir Ramadan, yakni dimulai pada malam ke-21.

Kedua, Alquran turun secara bertahap yang ditandai dengan penerimaan wahyu oleh Rasulullah SAW, berupa Surah Al-A'laq ayat 1 hingga 5, di Gua Hira. Peristiwa ini terjadi pada 10 hari kedua, tepatnya 17 Ramadan.

Wapres pun mengajak masyarakat muslim untuk memanfaatkan momentum 10 hari kedua Ramadan ini dengan banyak memohon ampun karena Allah SWT adalah Maha Pemaaf dan Maha Pengampun.

"Mudah-mudahan Ramadan ini akan memberikan suasana yang mencerahkan supaya pertama, Covid-19 juga segera berlalu dengan izin Allah, dengan banyak kita memohon ampun," ucapnya.

"Dan kedua, saat-saat yang baik ini, saat-saat kita harus di rumah, kita manfaatkan dengan banyak berdoa, ber-istighfar dan membaca Alquran," tambah Wapres. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini