Cerita Dokter Posko Reuni 212 Tangani 400 Peserta Yang Sakit dan Pingsan

Minggu, 2 Desember 2018 17:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Cerita Dokter Posko Reuni 212 Tangani 400 Peserta Yang Sakit dan Pingsan Posko Medis Reuni 212. ©2018 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ratusan peserta jatuh pingsan saat menghadiri acara reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/12). Mereka pun ditangani oleh tim medis di sejumlah posko kesehatan yang tersedia di area reuni 212. Salah satunya posko tim kesehatan dan logistik yang dipimpin dr. Anna.

"Banyak yang pingsan lebih dari 200," kata Anna di posko.

Anna menjelaskan, faktor yang menyebabkan para peserta pingsan disebabkan karena kekurangan nutrisi dan kurang makan. Ditambah terik matahari yang panas dan mengalami dehidrasi sampai jatuh pingsan.

"Tapi Alhamdulillah kita tangani dan sudah bangun semua," ucap dokter berusia 65 tahun itu.

Anna menyebut posko kesehatan dibuka sejak kemarin pukul 17.00 WIB guna mengantisipasi para peserta yang sakit. Tim kesehatan berjumlah 35 orang yang terdiri dari 10 orang tim medis dan 25 tim logistik.

Tak hanya itu, kata Anna, sejak kemarin ada 400 orang yang sudah ditangani di posko kesehatan. Rata rata terkena serangan jantung, hipertensi, dan stroke.

"Tapi itu karena memang dari rumah udah sakit," tuturnya.

Anna menyebut, untuk kebutuhan biaya pengobatan dan pengadaan alat juga murni atas kesadaran para timmya yang saling menyisihkan uang guna menolong para peserta.

"Dana mandiri urunan, termasuk saya pake dana pensiunan saya pake beli obat," pungkas dr. Anna. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Reuni Aksi 212
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini