Bung Hatta terjepit Soekarno dan Soeharto

Rabu, 7 November 2012 09:47 Reporter : Ramadhian Fadillah
Mohammad Hatta. image.bzlink.us

Merdeka.com - Soeharto menganggap Soekarno terlibat G30S. Soeharto pula yang memenjarakan Soekarno dalam tahanan rumah hingga akhirnya proklamator Republik Indonesia ini meninggal. Saat Orde Baru memang Soeharto memberangus semua hal yang berbau Orde Lama.

Dengan alasan ini wajar jika Soeharto tak mau memberikan gelar pahlawan Nasional untuk Soekarno. Tapi efeknya, gelar pahlawan nasional untuk Mohammad Hatta juga terganjal. Padahal Hatta tak punya masalah apa-apa dengan Soeharto. Secara politik, Hatta juga sudah mengundurkan diri sebagai wakil presiden Soekarno jauh sebelum peristiwa 65 terjadi.

Baru hari ini juga Mohammad Hatta mendapat gelar pahlawan nasional bersama Soekarno. Padahal Hatta mempunyai jasa besar pada Republik, baik sebelum maupun sesudah Indonesia merdeka. Kenapa Soeharto juga ikut menunda pemberian gelar pada Hatta?

"Karena Soekarno-Hatta itu adalah dwitunggal. Mereka adalah bagian yang terpisahkan. Jika saat itu Soekarno hanya memberikan gelar pahlawan untuk Hatta, tentu ada pertanyaan kenapa hanya Hatta yang diberi," kata pengamat politik Ray Rangkuti saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (7/11).

Jika hanya Hatta yang diberi gelar maka pasti akan jadi sorotan di masyarakat. Dosa apa Soekarno pada Soeharto sehingga tidak diberi gelar pahlawan nasional, sementara Hatta dapat.

"Maka mungkin Soeharto berfikir lebih baik tidak diberikan keduanya," kata Ray.

Maka puluhan tahun jasa Bung Hatta dinafikan karena politik. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Soekarno Hatta
  2. Bung Karno
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini