Brimob Bantu Padamkan Lima Hektare Lahan di Rokan Hilir

Jumat, 16 Agustus 2019 23:15 Reporter : Abdullah Sani
Brimob Bantu Padamkan Lima Hektare Lahan di Rokan Hilir Kebakaran Lima Hektare Lahan di Rokan Hilir. ©2019 Merdeka.com/Abdullah Sani

Merdeka.com - Kebakaran lahan terjadi di Desa Teluk Nilap Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir seluas 5 hektare. Personel gabungan Polres Rokan Hilir dibantu anggota Brimob Bataliyon B Pelopor Manggala Jonson memadamkan kebakaran tersebut.

"Lokasi terbakar di Dusun Teluk Durian RT02/RW01 Desa Teluk Nilap sedang dalam proses pemadaman dan pendinginan," kata Danyon B pelopor, AKBP Indra Duaman kepada merdeka.com, Jumat (16/8).

Tim Brimob yang terdiri atas 25 personel dan puluhan anggota Polres Rokan Hilir berjibaku memadamkan lahan tersebut. Polisi saat ini tengah menyelidiki penyebab kebakaran di lahan milik masyarakat tersebut.

"Peralatan berupa sejumlah alat pemadaman seperti mini striker, mesin Robin, selang dan lainnya, kebakaran sejak 3 hari lalu," jelas Indra.

Selain di sana, petugas juga memadamkan kebakaran lahan di Dusun Muara Keluang Kepulauan Bangko Pusako seluas 2 hektare. Api sudah berangsur padam, namun mereka masih melakukan pendinginan dan berjaga agar api tidak kembali muncul.

"Sebab, lahan di lokasi tersebut berstruktur gambut yang mudah terbakar dan menjalar. Ditambah lagi sumber air yang jauh karena musim kemarau. Jadi kita tetap di sini dulu untuk berjaga," ujar Indra.

Sementara untuk penegakkan hukumnya, Polres Rokan Hilir masih mencari siapa pemilik lahan dan pelaku yang diduga sengaja membakarnya. Polisi memeriksa sejumlah masyarakat sebagai saksi serta perangkat desa seperti RT dan RW serta kepala desa.

"Kita masih selidiki siapa pemilik lahan, apakah dia sengaja membakar atau bagaimana, serta dari mana sumber api berasal. Saksi-saksi kita mintai keterangannya untuk kepentingan penyelidikan itu," kata Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto kepada merdeka.com.

Selain di sana, kata Sigit, titik lain terjadi kebakaran lahan ada di Kecamatan Kubu seluas 40 hektare. Tim gabungan membawa alat mini striker selang dan alat pemadam lainnya. Selain itu, alat berat escavator juga dikerahkan untuk membantu upaya pemadaman.

"Dalam melakukan pemadamanb, kita juga menggunakan alat berat untuk membuat embung dan sekat api, agar tidak melebar kebakarannya," terang Sigit.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau, Edwar Sanger mengatakan, luas lahan yang terbakar sejak awal Januari hingga hari ini mencapai 5.210,38 hektare. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini