BPBD Belum Dapat Laporan Kerusakan Akibat Gempa Nias Barat

Jumat, 14 Mei 2021 18:56 Reporter : Wisnoe Moerti
BPBD Belum Dapat Laporan Kerusakan Akibat Gempa Nias Barat ilustrasi gempa. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gempa bumi tektonik mengguncang Nias Barat, Sumatera Utata, Jumat (14/5) pukul 13.33 WIB dengan magnitudo 6,7. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nias Barat Filipo Daeli belum menerima laporan adanya kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut.

Namun, pihaknya terus berupaya mencari dan menghimpun data yang lebih detail di lapangan. "Sampai saat ini belum ada laporan adanya kerusakan dampak dari gempa itu. Mungkin karena pusat gempanya jauh. Nanti kami informasikan lebih lanjut perkembangannya, " katanya.

Sebelumnya Gempa bumi magnitudo 6,7 dirasakan kuat oleh masyarakat di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, pada Jumat (14/5) pukul 13:33 WIB, namun tidak berpotensi tsunami.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat Hiramo mengatakan guncangan gempa bumi tersebut sempat membuat masyarakat panik dan keluar rumah.

"Masyarakat panik dan keluar rumah,” kata Hiramo.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Nias Barat saat ini sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi tersebut berada pada 0,10 LU dan 96,53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer (km).

Apabila ditarik garis lurus, maka jarak pusat gempa tersebut berada pada 141 km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias Selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan dan 1.339 km Barat Laut Jakarta. Menurut BMKG gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Gempa
  3. Gempa Bumi
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini