BMKG Investigasi SMS Berisi Peringatan Gempa M 8,5 dan Tsunami pada 4 Juni

Kamis, 27 Mei 2021 10:33 Reporter : Supriatin
BMKG Investigasi SMS Berisi Peringatan Gempa M 8,5 dan Tsunami pada 4 Juni Ilustrasi gempa bumi. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Masyarakat dikejutkan dengan pesan singkat atau SMS berasal dari KominfoBMKG, Kamis (27/5) pagi. Pesan itu berisi peringatan gempa besar yang akan terjadi pada magnitudo 8,5 yang berpotensi tsunami pada 4 Juni 2021.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan investigasi SMS tersebut. Selain gempa, SMS juga berisikan peringatan dini tsunami.

"Sedang diinvestigasi," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono kepada merdeka.com, Kamis (27/5).

Daryono menyebut, kemungkinan SMS notifikasi gempa diikuti dengan peringatan dini tsunami bukan berasal dari BMKG. Sebab, tim BMKG pusat tidak mengeluarkan warning gempa maupun peringatan dini tsunami.

"Belum tentu di BMKG karena tim BMKG pusat tidak eksekusi warning," ujarnya.

heboh sms gempa besar
©2021 Merdeka.com/istimewa

Sebagai informasi, beredar SMS notifikasi gempa dalam beberapa hari terakhir hingga hari ini. SMS tersebut datang dari KominfoBMKG.

Isi SMS berupa pemberitahuan gempa bumi dengan magnitudo 5,1 di Sulawesi Utara dan gempa bumi dengan magnitudo 5,2 di Aceh Jaya. Kemudian peringatan dini tsunami di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Jawa Tengah yang didahului gempa dengan magnitudo 8,5. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini