Pekan Ini, Jokowi akan Tinjau Bekas Kerusuhan Wamena

Kamis, 24 Oktober 2019 15:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pekan Ini, Jokowi akan Tinjau Bekas Kerusuhan Wamena Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Paripurna Perdana di Istana. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berencana akan melakukan kunjungan kerja ke Papua pada Sabtu (26/10) hingga selasa (29/10). Rencananya mereka akan mengunjungi jembatan holtekamp dan melakukan tinjauan setelah kerusuhan di Jayapura, Wamena.

"Sabtu, pasti melihat kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan setelah kerusuhan ada di Jayapura, Wamena," kata Basuki di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

Tetapi dia belum merinci beberapa titik yang akan dikunjungi bersama Jokowi. Menurutnya, kunjungan tersebut akan berlanjut menuju Ambon hingga Palu.

"Jadwalnya rutenya belum dapat, tapi tadinya mau dari Jayapura dulu atau Sorong dulu. Lalu keliling lalu ke Manokwari, lalu Jayapura, lalu diteruskan ke Ambon dan ke Palu. Jadi mungkin sampai Selasa," terangnya.

Sebelumnya diketahui terjadi kerusuhan di Wamena, Papua, 23 September 2019. Kerusuhan tersebut mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Lewat Kementerian Sosial, pemerintah telah menggelontorkan dana bantuan sebanyak Rp4,6 miliar.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan jika bantuan yang diberikan sesuai dengan usulan yang diajukan oleh pemerintah daerah (Pemda). Agus Gumiwang menyebut jika semua usulan bantuan dari Pemda dipenuhi oleh pemerintah.

"Mensos menyediakan bantuan sesuai yang menjadi usulan Pemda. Sekarang sudah pada titik untuk Wamena saja Rp4,6 miliar. Ini terus berjalan," ujar Agus Gumiwang di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) di Kalasan, Kabupaten Sleman, Rabu (16/10).

"Sekali lagi kami sampaikan semua usulan yang menjadi kebutuhan dari Wamena, dari Jayapura yang terkait atau akibat dampak kerusuhan, usulan-usulan dari Pemda tidak ada satu pun yang kami coret. Tidak ada satu pun yang kami kurangi. Semua kami alokasikan, kami berikan, kami akomodir," ungkap Agus Gumiwang. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini