Bertolak ke Pandeglang, Wapres Ma'ruf Tinjau Korban Gempa Banten

Kamis, 20 Januari 2022 07:50 Reporter : Merdeka
Bertolak ke Pandeglang, Wapres Ma'ruf Tinjau Korban Gempa Banten Wapres Maruf Amin disambut warga Parapat. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan meninjau lokasi terdampak gempa di Pandeglang, Banten hari ini, Kamis (20/1). Wapres dijadwalkan bertolak langsung dari Jakarta menggunakan jalur udara dengan menggunakan helikopter.

Sesampainya di Pandeglang sekira pukul 09.00 WIB, Wapres Ma'ruf akan disambut Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy beserta rombongan untuk menuju titik lokasi terdampak yaitu Desa Munjul.

Menteri Sosial Tri Rismaharini turut dijadwalkan juga akan berada di lokasi. Nantinya, Risma juga akan mengawal rombongan Wapres Ma'ruf dalam membagikan bantuan kemanusiaan bagi ratusan korban gempa bermagnitudo 6,6 tersebut.

Sebagai informasi, BNPB melaporkan sebanyak 3.078 unit rumah rusak di wilayah Banten akibat gempa tersebut. Rinciannya, 395 unit rusak berat, 692 unit rusak sedang dan 1.991 unit rusak ringan.

Selain rumah, 51 unit gedung sekolah, 17 unit faskes, 8 unit kantor pemerintahan, 3 unit tempat usaha dan 21 tempat ibadah juga mengalami kerusakan.

Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, dampak kerusakan terbanyak terdapat di Kabupaten Pandeglang. Laporan per Selasa (18/1) pukul 22.00 WIB, sebanyak 379 unit rumah rusak berat, 581 unit rumah rusak sedang dan 1.764 unit rumah rusak ringan.

Di samping itu ada 43 gedung sekolah yang rusak, termasuk 16 unit puskesmas, 4 kantor desa, 14 tempat ibadah dan 3 tempat usaha juga terdampak di Pandeglang.

Terkait korban di Pandeglang, Abdul menyatakan terdapat 2 orang dilaporkan mengalami luka berat dan 8 lainnya luka ringan.

Reporter: M Radityo/Liputan6.com [fik]

Baca juga:
Analisis Pakar: Banten Rawan Gempa Karena Zona Prisma Akresi
Gempa Megathrust 8,7 Magnitudo Ancam Selatan Jawa, Begini Kata BMKG Bandung
Dampak Gempa M 6,6 Banten: 3.078 Rumah Hingga 51 Sekolah Rusak
BMKG Sebut Rentetan Gempa Tiga Hari Terakhir Tak Berkaitan
Pantai Carita Dilanda Sepi Pasca Gempa Pandeglang
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Kejadian Gempa di Banten pada 14 Januari 2022

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini