Berani Berubah: Menyulap Sungai jadi Sumber Pendapatan

Senin, 8 November 2021 08:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Berani Berubah: Menyulap Sungai jadi Sumber Pendapatan Mengubah Sungai jadi Bersih. istimewa

Merdeka.com - Berawal dari hobi bersih-bersih, kini Bagong Margono puas telah mengubah sungai kotor menjadi bersih. Bahkan pak Bagong menambahkan ribuan ikan yang menghiasi sungai tersebut.

Awalnya, setelah sungai dibersihkan, warga menggunakan sungai untuk mandi. Kemudian pandemi Covid-19 muncul di Indonesia. Warga sudah tidak berani mandi di sungai. Kondisi sungai kembali sepi.

Melihat kondisi seperti ini, pak Bagong berinisiatif menaruh beragam jenis ikan di kolam, mulai dari ikan koi, ikan mas, hingga ikan nila. Ribuan ikan hidup di sungai bersih tersebut.

mengubah sungai jadi bersih
istimewa

Warga kemudian mengetahui ada banyak ikan di sana. Sungai bersih tersebut kembali menjadi tempat wisata warga sekitar. Mereka datang untuk berfoto sampai memberi makan ikan. Tentu dengan protokol kesehatan ketat.

Tak hanya sungai penuh ikan, pak Bagong juga membuka rumah makan di dekat sungai tersebut. Pak Bagong tidak sendirian mengelola lokasi sungai dan rumah makan. Dia dibantu sang anak dan anak muda di sekitar tempat tinggalnya.

mengubah sungai jadi bersih
istimewa

"Untuk restorannya, dikelola oleh anak saya, bersama karang taruna, bersama anak-anak lingkungan sini, yang akhirnya di sini tidak ada pengangguran, semuanya bekerja. Termasuk di sungai ini. Ini dikerjakan oleh anak-anak lingkungan sini yang akhirnya bermanfaat bagi orang banyak," kata pak Bagong.

Pak Bagong sangat bersyukur. Dengan adanya sungai bersih ini, dia bisa membantu masyarakat mendapat pendapatan di masa pandemi. Selain itu, kegiatan ini tidak akan jenuh.

"Karena semuanya bisa bekerja, dan bekerja di wisata adalah bekerja yang menyenangkan," kata pak Bagong.

Baca juga:
Berani Berubah: Bisnis Restoran Bangkrut, Beralih Jual Minuman Jahe
Berani Berubah: Memajukan Dunia Pertanian dengan Usaha Sayur Online
Berani Berubah: Mantan Pemandu Wisata Sukses Bisnis Donat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini